Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Mati, Wanita Ini Turun 114 Kilogram dalam Setahun

Kompas.com - 07/09/2013, 08:21 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com — Divonis hanya dapat bertahan hidup sampai lima tahun lagi menyadarkan seorang wanita untuk mengubah gaya hidupnya demi mencapai berat badan ideal. Dalam waktu satu tahun, ia pun berhasil menurunkan berat badannya sampai 114 kilogram.

Charmaine Wilkinson, wanita asal Cambridge, sebelumnya memiliki berat badan sebesar 215 kilogram dan telah diberi tahu dokter bahwa tulang-tulangnya akan hancur jika berat badannya terus meningkat.

Yang paling mengkhawatirkan,Charmaine dikatakan tidak akan bertahan hidup hingga sampai usianya 40 tahun. Perkataan dari dokter tersebut memanggil kesadarannya untuk mengubah gaya hidup. Setelah berhasil melewati pemotongan lambung, ia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 114 kilogram selama 12 bulan.

Dia juga berhasil secara menakjubkan mengubah ukuran pakaian yang tadinya berukuran 32 (ukuran baju Eropa) menjadi ukuran 12.

Atas keberhasilannya tersebut, sekarang Charmaine menyiapkan pernikahannya dengan tunangan yang telah bersamanya selama 11 tahun.

"Kesehatan saya memburuk. Saya mudah untuk bernapas tapi mengalami kesulitan untuk berjalan. Rasanya saya seperti seorang wanita tua," ia berkata. "Saya juga telah menggelembung begitu banyak selama bertahun-tahun, bahkan cincin pertunangan saya tidak akan muat di jari saya lagi."

Charmaine mengatakan, berat badannya mulai meningkat setelah ia melahirkan anak-anaknya, Maison (13) dan Poppy (4). Ditambah lagi ia juga hobi mengonsumsi junkfood dan minum minuman manis.

Upaya penurunan berat badan yang kemudian dilakukannya tak banyak membantu. Ditambah lagi, dokter mendiagnosis tulang-tulangnya mungkin akan hancur jika bobot tubuhnya tak dikendalikan.

"Adanya pikiran untuk tidak menikah atau tidak bisa melihat anak-anak saya tumbuh dewasa sangat menghancurkan perasaan saya," katanya.

Akhirnya dokter menyarankannya melakukan tindakan operasi lambung. Sejak operasi, bobot Charmaine berhasil turun drastis dengan konsisten lewat porsi asupan makanan yang lebih kecil, sehat, dan berolahraga.

"Saya terus mengabarkan perubahan berat badan saya di Facebook, dan saya melihat perbedaan dalam beberapa bulan yang luar biasa. Saya terlihat sangat berbeda dan merasa lebih glamor," ia melanjutkan.

Lebih lanjut, ia bersama tunangannya kini bisa menetapkan tanggal pernikahan. Ia juga merasa seperti sosok perempuan baru dan tidak sabar untuk mengenakan gaun pengantinnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com