Atur Pola Makan Setelah Lebaran

Kompas.com - 02/08/2014, 09:51 WIB
Sup sayur yang ringan namun bergizi bisa menjadi pilihan tepat untuk menu sahur. SHUTTERSTOCKSup sayur yang ringan namun bergizi bisa menjadi pilihan tepat untuk menu sahur.
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
 — Pada hari libur Lebaran, aneka makanan enak berlemak memenuhi saluran pencernaan kita. Perut mulai terasa tidak enak. Tubuh pun terasa kurang berenergi. Setelah Lebaran usai, saatnya kita mulai hidup sehat lagi. Caranya bisa melakukan tiga hal berikut ini.

Selalu makan sayur dan buah
Usahakan selalu makan sayur setiap hari. Kalau perlu, buat jus sayuran juga. Untuk camilan, makanlah buah yang sudah dipotong-potong. Makan salad sayuran sebelum makan siang juga menjamin asupan sayuran setiap hari.

Coba makanan baru
Ketika kita tertarik dengan makanan yang ada di piring, kita jadi semangat untuk makan. Oleh karena itu, beranilah mencoba makanan atau resep baru setiap hari. Selain wortel, bit juga bisa dicoba. Sekali-sekali cobalah memasak resep dari mancanegara dengan jenis sayuran berbeda. Mencoba bermacam sayuran bukan hanya menyehatkan, melainkan juga menjamin tubuh kita mendapatkan beraneka ragam vitamin dan mineral.

Siapkan makanan sebelum lapar
Ketika lelah, lapar, dan terburu-buru, kita cenderung makan apa saja yang ada. Untuk menghindarinya, pastikan Anda sudah mempersiapkan makanan sebelum lapar. Siapkan pada malam hari bahan-bahan untuk membuat sarapan dan bekal makan siang. Biasakan juga merencanakan menu makanan. Siapkan juga waktu untuk memasaknya. Hal ini akan menghindarkan kita dari mengambil dan mengunyah makanan apa saja yang ada di sekitar kita.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X