Kompas.com - 04/02/2015, 12:30 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com -
Di masa kini, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi rasanya sulit dicapai. Ini terjadi karena kemajuan teknologi yang pesat membuat para karyawan dapat dihubungi kapan saja dan di mana saja. 

Faktanya, berdasarkan survei yang dilakukan Harvard Business School, sebanyak 94 persen pekerja profesional dilaporkan bekerja hingga 50 jam per minggu. Adapun separuhnya mengungkapkan mereka bekerja lebih dari 65 jam per minggu.

Menurut para ahli, stres yang bertumpuk akibat pekerjaan dapat merusak hubungan antar individu, kesehatan, dan kebahagiaan secara umum. Bagi setiap orang, kadang definisi keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan memiliki perbedaan. Namun, para pakar karir membagi kiatnya pada Anda untuk menyeimbangkan hidup, salah satunya adalah dengan olahraga dan meditasi. 

Olahraga adalah pengurang stres yang efektif karena memompaendorfin ke seluruh tubuh, sehingga Anda merasa senang. Aktivitas ini juga membantu meningkatkan mood dan memiliki manfaat meditatif. 

Pakar karir Marilyn Puder-York, Ph.D., menyarankan Anda menyisihkan sedikit waktu setiap minggu untuk berlatih, seperti olahraga, yoga, atau meditasi. Jika Anda benar-benar tak punya waktu, mulailah dengan hal kecil seperti latihan bernapas dalam-dalam, sesi meditasi singkat selama lima menit pada pagi dan malam hari, atau mengganti konsumsi minuman alkohol dengan cara menghilangkan stres yang lebih sehat. 

"Ketika membicarakan keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan, saya tidak berbicara tentang prestasi dan penyelesaian tugas saja, namun tubuh, pikiran, dan jiwa Anda juga sebaiknya diseimbangkan lagi agar lebih segar," ujar Puder-York. 

Menurut psikoterapis dan profesor emeritus pada University of North Carolina at Charlotte Bryan Robinson, apabila Anda sering melakukan itu, maka sistem saraf parasimpatetik Anda akan semakin aktif. "Artinya tubuh Anda akan semakin rileks dan tidak hanya pada saat itu," imbuh Robinson. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber forbes.com


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.