Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2016, 07:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com –- Psikopat adalah kelainan mental yang merefleksikan emosional seseorang yang tidak memiliki empati, sadis, dan manipulatif.

Anda harus berhati-hati dengan orang yang memiliki kecenderungan psikopat. Pasalnya, psikopat sangat pandai berpura-pura, baik dalam ucapan dan tindakan.

Oleh karena itu, Anda harus lebih pandai dari mereka (psikopat) yang bisa jadi hidup di lingkungan sekitar Anda.

Mengidentifikasi psikopat, menurut studi yang dipublikasikan oleh Personality and Individual Differences bisa dilakukan dalam waktu 30 detik saja.

Caranya, cobalah menguap di depan seseorang yang Anda curigai psikopat.

Penulis studi, Brian Rundle, Ph.D., mengatakan bahwa menguap merupakan dorongan alami tubuh yang otomatis menular pada orang-orang di sekeliling Anda.

Rundle menjelaskan bahwa latah menguap karena melihat orang lain menguap merupakan bentuk primitive dari komunkasi dan ikatan makhluk sosial.

Namun, psikopat yang tidak memiliki rasa empati dan toleransi pada sesama, maka mereka tidak akan terpengaruh oleh reaksi dari manusia lain.

Penelitian ini pun menyempurnakan temuan dengan melakukan studi tambahan melalui Psychopathetic Personality Inventory-Revise (PPI-R), sebuah tes untuk menemukan gangguan mental, salah satunya sifat psikopat.

Mereka menguji 135 responden untuk saling menguap untuk melihat respon orang lain.

Ternyata, mereka yang tidak menguap meski di sekitarnya banyak orang menguap ditemukan mencapai nilai tinggi dalam tes PPI-R tersebut.

Namun, Rundle menyebut bahwa menguap bukan uji psikopat paling akurat.

Pasalnya, tidak ada keinginan untuk menguap setelah orang lain bisa jadi karena mereka sangat lelah dan tidak fokus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com