Kompas.com - 08/02/2017, 06:46 WIB
Ilustrasi perawatan wajah. ShutterstockIlustrasi perawatan wajah.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Salah satu langkah perawatan kecantikan yang paling esensial adalah pemakaian tabir surya untuk melawan efek buruk sinar ultraviolet.

Namun, wanita seringkali salah mengira bahwa tabir surya tidak perlu dikenakan jika tidak keluar rumah.

Seorang dermatolog, dr Keni Istasaputri, Mkes SpKK, menekankan kepada semua wanita Indonesia untuk memakai tabir surya saat berada di dalam rumah sekalipun.

“Sinar gadget dan sinar matahari itu sama-sama ultraviolet. Malah jumlahnya (dari gadget) langsung banyak yang menempel ke muka kita,” ujarnya dalam acara peluncuran kampanye Marina 123glow di Correlate, Jakarta, Sabtu (4/2/2017)

Untuk menangkal sinar ultraviolet sehari-hari, dr Keni menyarankan untuk mengenakan setidaknya SPF 15 hingga 20.

“Ini pertengahan, dia optimal melindungi. Berbeda dengan kalau kita pergi ke pantai yang mataharinya lebih terik, itu butuh SPF yang lebih tinggi juga,” katanya.

Namun, Anda juga harus berhati-hati saat mengenakan tabir surya dengan SPF yang tinggi. Sebab, SPF yang terlalu tinggi dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

“Kalau kulitnya berminyak, saya sarankan jangan lebih dari 30,” tambah dokter Keni.

Gunakan tabir surya dengan kadar SPF yang sesuai dengan aktivitas Anda sehari-hari. Lalu, pastikan juga agar Anda menggunakan setidaknya satu ruas jari untuk permukaan wajah secara merata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.