Kompas.com - 05/07/2017, 16:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Meski cat rambut dapat mengubah rambut yang mulai memutih menjadi hitam dalam sekejap, tetapi tetap saja kemunculan uban sebelum waktunya bisa mendatangkan kecemasan. Padahal, tak semua rambut yang ditumbuhi uban terlihat buruk.

Lihat saja aktor George Clonney yang tetap terlihat keren dengan rambut berubannya yang berwarna salt and pepper.

Bila Anda sudah mulai beruban atau khawatir rambut memutih, ketahui beberapa hal terkait uban yang bisa muncul sekitar usia 30 tahun tersebut.

1. Penyebab rambut beruban?

Berdasarkan United States National Library of Medicine, warna rambut ditentukan oleh pigmen rambut yang disebut melanin—yang dihasilkan oleh folikel rambut. Folikel adalah struktur di kulit yang membuat dan menumbuhkan rambut.

Seiring dengan penuaan, folikel tak lagi banyak membuat melanin, dan ini menyebabkan rambut beruban. Biasanya itu mulai terjadi di usia 30 tahun. Tapi, setiap orang akan beruban di usia yang berbeda. Kenapa? Genetik adalah alasan utama Anda beruban. Biasanya yang lebih cepat adalah orang dari ras Kaukasia, kemudian Asia dan terakhir kulit hitam. Sebagian peneliti percaya separuh populasi memiliki rambut beruban di usia 50 tahun.

2. Bisakah rambut beruban kembali seperti semula?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda masih muda (di bawah 35) dan beruban, segera periksa ke dokter. Menurut penelitian, kekurangan vitamin B12 atau masalah dengan kelenjar pituitari atau tiroid dapat menyebabkan uban timbul dini.

Rambut beruban yang disebabkan karena gangguan penyakit bisa kembali seperti rambut semula jika masalahnya diobati. Jika pemicunya karena faktor genetik, tidak ada obatnya,

3. Bagaimana mencegah uban?

Halaman:


Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.