Manfaat Air Lemon yang Jarang Diketahui

Kompas.com - 29/01/2018, 10:49 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Di balik rasa asam jeruk lemon, tersimpan manfaat bagi kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan hingga mempercepat metabolisme. Jika kamu masih malas minum segelas perasan lemon, informasi mengenai manfaat air lemon ini mungkin bisa jadi pertimbangan.

1. Membantu menurunkan berat badan

Bagi kamu yang sedang program diet, air lemon dapat menjadi teman terbaik.  "Polifenol dalam lemon dapat membantu mengurangi nafsu makan," ujar ahli gizi Erin Palinski-Wade.

Studi terhadap tikus menunjukkan bahwa polifenol dalam lemon membantu mencegah penambahan berat badan.  Apalagi, kata Wade, saat meminum segelas air lemon, terutama sebelum makan, dapat membantu mengisi perut—sehingga mengimbangi jumlah makanan yang dibutuhkan agar merasa kenyang.

Air lemon juga merupakan pilihan sehat untuk mengganti segelas jus jeruk pagi. Untuk membuat air lemon, gunakan lemon utuh (bukan jus lemon dalam botol).

"Cobalah meremas dari satu lemon menjadi 8 sampai 12 ons air," kata Palinski-Wade. 

Cara lain, kita juga bisa memarut kulitnya, pastikan sudah dicuci lebih dulu. "Nikmati dingin atau hangat, tapi kalau kamu ingin menurunkan berat badan, pastikan untuk minum dalam keadaan dingin dengan es,” ujar Palinski-Wade.

2. Antibodi

Sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C pada lemon bisa memberikan antibodi tambahan.  Nah, ternyata ada manfaat lain dari air lemon, yakni membantu mencegah infeksi. “Tentu saja, lingkungan asam di perut berfungsi sebagai penghalang patogen penyebab penyakit," kata Roxanne B. Sukol, direktur medis dari Cleveland Clinic's Wellness Enterprise. 

“Mengasup makanan yang sangat asam, termasuk air lemon, berkontribusi pada lingkungan asam." 

Menurut The Cleveland Clinic, zat kimia dalam lemon yang dikenal sebagai fitonutrien memiliki sifat antioksidan yang juga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit.

3. Membantu pencernaan

Selain meningkatkan antibodi, rasa asam dari air lemon dapat membantu mencerna makanan. 

Halaman:


EditorLusia Kus Anna

Close Ads X