Kompas.com - 03/08/2018, 05:05 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Percaya atau tidak, apa yang sedang kita pikirkan, entah itu baik ataupun buruk, nantinya bisa memengaruhi sesuatu yang sedang kita jalani.

Itu alasannya mengapa kita dianjurkan untuk sering berpikir positif daripada negatif. Memangnya, sekuat apakah efek pikiran negatif bisa memengaruhi diri seseorang?

Jangan remehkan efek pikiran. Ya, karena tanpa sadar penyebab paling sederhana dari kegagalan maupun keberhasilan yang kita alami itu berkat pengaruh dari pikiran kita sendiri.

Jadi, ketika pikiran dipenuhi oleh hal-hal yang ‘berbau’ negatif, lambat laun itu akan memunculkan stres yang akhirnya malah mengacaukan apa yang sedang kita jalani.

Mudahnya begini, pikiran negatif itu seperti ketika kamu berbicara dengan diri sendiri. Namun di sini, kamu tidak sedang menyemangati atau mendorong diri untuk terus maju. Sebaliknya, kamu justru menyalahkan dan meremehkan kemampuan sendiri.

Baca juga: Sering Berpikiran Negatif? Cobalah Pelihara Hewan

Coba ingat-ingat kembali, pernahkah kamu berpikir: “Saya tidak akan bisa melakukan hal itu”, “Sepertinya, tidak ada lagi yang bisa diharapkan dari diri saya”, atau bahkan “Untuk apa berjuang, kalau pada akhirnya saya tetap gagal juga”.

Mungkin terlihat sepele, tapi segelintir ucapan itulah yang tenyata berdampak cukup besar pada pikiran, tubuh, hingga hidup kita.

Intinya, bicara hal yang negatif dengan diri sendiri alias negative self talk merupakan sebuah dialog batin yang bisa membatasi kemampuan dan rasa percaya diri dalam waktu yang bersamaan.

Selain berujung pada stres, pada akhirnya juga dapat mengurangi kemauan serta kemampuan kita untuk membuat perubahan positif dalam hidup.

Baca juga: Alasan Anda Harus Mulai Bicara pada Diri Sendiri

Menariknya, ternyata bicara tentang apapun dengan diri sendiri bisa menyemangati kita untuk lebih baik lagi. Dengan catatan, perkataan yang disampaikan itu tidak menjatuhkan diri, melainkan membangkitkan motivasi.

Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.