Kompas.com - 24/10/2018, 09:28 WIB

KOMPAS.com - Selain membutuhkan resume yang sempurna, mendapatkan pekerjaan impian juga butuh melalui tes wawancara dengan sebaik mungkin.

Pewawancara membutuhkan kandidat yang paling unggul dari ratusan pelamar yang bersaing untuk posisi itu. Untuk itu kita perlu percaya diri dan memberikan kesan yang baik.

Carolyn Betts Fleming CEO Betts Recruiting, perusahaan rekrutmen di Amerika, mengatakan hal paling umum yang sering membuat orang gagal dalam wawancara adalah nada bicara.

“Sangat penting untuk memiliki nada yang jelas ketika pewawancara meminta kita memberi tahu lebih banyak tentang diri kita," ucapnya.

Baca juga: Ingin Melamar Kerja? Perhatikan 4 Hal Ini saat Membuat Resume...

Memperkenalkan diri biasanya jadi hal pertama yang diminta pewawancara dan banyak kandidat yang tidak mempersiapkan diri dengan baik.

Padahal, sesi perkenalan juga menjadi waktu yang tepat kita 'mempromosikan' diri.

Erin Kennedy, CEO di Professional Resume Services, menyarankan kita untuk mengucapkan kalimat positif yang menunjukan kelebihan kita dibandingkan kandidat lainnya.

Misalnya, kita bisa mengucapkan kalimat "Dengan pengalaman yang saya miliki, semoga saya bisa berkontribusi membantu perusahaan menyelesaikan hal ini".

Georgia Adamson, CEO Successful Career, menekankan pentingnya membuktikan bagaimana kita dapat membantu perusahaan.

Menurutnya, kita perlu secara jelas menunjukkan nilai potensial dan relevansi dengan kebutuhan pemberi kerja. Misalnya dengan mengungkapkan contoh-contoh projek yang pernah dilakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.