Kompas.com - 13/02/2019, 10:27 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah orang kerap memperdebatkan mana yang harus diprioritaskan, antara latihan kardio dan latihan kekuatan.

Tak perlu memperdebatkannya, sebab kedua jenis latihan tersebut ternyata sangat dianjurkan untuk dilakukan secara bersamaan alias dikombinasikan.

Anggota dewan Well+Good sekaligus CEO Barry's Bootcamp, Joey Gonzalez menjelaskannya.

Studio yang dimiliki Gonzalez mempunyai salah satu metode, yaitu dengan menggabungkan interval treadmill dengan latihan kekuatan selama beberapa jam, dan tergolong olahraga intensitas tinggi.

Gonzalez menjelaskan, ketika kita hanya melakukan kardio dari hari ke hari, kita melakukan pembakaran melalui otot, padahal saat itu tubuh kita sebenarnya perlu membangun otot.

"Jadi, penting untuk menggabungkan latihan kekuatan dan kardio secara rutin," ujar dia.

Baca juga: CrossFit Dianggap Tidak Selalu Efektif, Apa Alasannya?

Gonzalez menambahkan, kardio penting untuk jantung dan paru-paru.

Sementara latihan kekuatan membantu kita dengan segala hal, mulai dari mencegah cedera dan meningkatkan kepadatan tulang untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh berperan besar dalam pembakaran kalori sepanjang hari.

Ada pula beberapa pihak yang mendebatkan, apakah menggabungkan latihan kardio dan latihan "power" bisa meminimalisasi manfaat masing-masing jenis latihan?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.