Bakar Kalori dan Bentuk Otot dengan Berenang

Kompas.com - 06/03/2019, 11:13 WIB
Ilustrasi berenang ViktorCapIlustrasi berenang

KOMPAS.com - Berenang mungkin tak masuk dalam daftar olahraga kamu yang suka tantangan bagi tubuh. Apalagi berenang butuh kolam, baju renang, dan waktu khusus. Ribet.

Tetapi, olahraga air ini sebenarnya punya dampak positif yang besar bagi tubuh.

"Renang juga pembentuk otot ketahanan dan olahraga kardio yang efektif," kata pelatih utama renang, Helen Lin.

Sebagai bukti olahraga ini bisa membangun otot, lihat saja tubuh para atlet renang. Otot-otot mereka terpahat pada tempat yang tepat.

Renang juga olahraga yang disarankan jika kita sering cidera dari olahraga high impact seperti lari.

Saat kita berenang 30 menit tanpa henti dalam kecepatan sedang, kalori yang terbakar kira-kira 300.

Namun, menurut Lin, ada banyak faktor yang berpengaruh pada besar kecilnya kalori yang dibakar. Mimsalnya saja berat badan, metabolisme, seberapa besar kita mendorong diri, serta pengalaman.

"Perenang pemula biasanya membakar lebih banyak kalori dibanding yang veteran. Ini sangat membantu mencapai target penurunan berat badan dan membangun kekuatan," katanya.

"Renang membutuhkan kordinasi dengan posisi tubuh dan pernapasan secara bersama-sama. Begitu kita tahu caranya, kita bisa bergerak di air dengan sedikit tahanan, sehingga kalori yang dibakar lebih sedikit," katanya.

Tapi kita bisa menambah jumlah kalori yang dibakar dengan menambah kecepatan.

Keuntungan lain dari olahraga ini adalah membuat banyak otot bekerja, termasuk otot bagian dada, belakang, bahu, paha, dan juga bokong.

Agar efektif, Lin menyarankan berenang terus menerus selama 30 menit. Namun, jika kita tak punya banyak waktu, cobalah berenang sampai detak jantung naik.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X