Louis Vuitton Tarik Koleksi yang Terinspirasi dari Michael Jackson

Kompas.com - 15/03/2019, 11:00 WIB
Koleksi kaus Louis Vuitton yang terinspirasi dari Michael JacksonGETTY IMAGES Koleksi kaus Louis Vuitton yang terinspirasi dari Michael Jackson

KOMPAS.com - Louis Vuitton akhirnya merespons reaksi publik terhadap koleksi busana pria musim gugur 2019 yang terinpirasi dari Michael Jackson.

Seperti dilansir laman New York Post, reaksi tersebut muncul setelah HBO merilis film dokumenter "Leaving Neverland" yang menguak dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Michael Jackson terhadap anak-anak.

Louis Vuitton pun berencana menarik koleksi yang terinspirasi dari bintang pop ini. 

Salah satu koleksi Louis Vuitton untuk Michael Jackson adalah gambar kaki berjinjit di atas detail bulan setengah.

"Saya sadar, sehubungan dengan film dokumenter ini, rilis langsung menimbulkan reaksi emosional," kata direktur artistik Louis Vuitton, Virgil Abloh, dalam pernyataan eksklusif yang dibagikan kepada WWD.

"Saya mengutuk keras segala bentuk pelecehan anak, kekerasan atau pelanggaran terhadap hak asasi manusia."

Baca juga: Dalam Leaving Neverland, Dua Pria Bercerita sebagai Korban Pelecehan Seksual Michael Jackson

Namun, menurut Abloh, koleksi yang digarap Louis Vuitton untuk menghormati Michael Jackson sebagai seniman budaya pop.

"Itu hanya merujuk pada kehidupan publiknya yang kita semua tahu, serta tentang warisannya yang mempengaruhi seluruh generasi seniman dan desainer."

Sementara itu, CEO Louis Vuitton Michael Burke sependapat dengan ucapan Abloh. Ia pun menyebut tudingan dalam film dokumenter tersebut cukup mengganggu.

"Keselamatan dan kesejahteraan anak sangat penting bagi Louis Vuitton. Kami berkomitmen penuh untuk mengadvokasi tujuan ini. "

Burke pun menyebut dia dan timnya tak tahu-menahu mengenai film tersebut, bahkan ketika mereka merilis koleksi tersebut pada 17 Januari 2019, seminggu sebelum Leaving Neverland tayang perdana di Sundance pada 25 Januari 2019.




Close Ads X