Tips Pilih Tepung Terigu untuk Membuat Cake

Kompas.com - 08/04/2019, 09:00 WIB
Tintin Rayner dalam acara talkshow membuat cake di acara Fun Kitchen 2019 di Jakarta. Dok BungasariTintin Rayner dalam acara talkshow membuat cake di acara Fun Kitchen 2019 di Jakarta.

KOMPAS.com - Dalam dunia pembuatan kue, ada tiga jenis tepung yang sering digunakan yaitu tepung terigu protein tinggi, protein sedang, dan rendah. Sesuaikan pilihan terigu dengan jenis kue yang akan kita olah.

Menurut penulis buku resep Simple & Moist Cake, Tintin Rayner, tidak semua terigu bisa cocok digunakan untuk membuat cake

Misalnya saja jika membuat cake menggunakan tepung berprotein tinggi bisa membuat hasil kuenya keras dan pori-porinya besar.

"Untuk cake, sebaiknya gunakan terigu protein sedang karena bisa menghasilkan kue yang lembut dan porinya kecil,” kata Tintin dalam acara Fun Kitchen 2019 yang digelar oleh Bungasari Flour Mills di Jakarta beberapa waktu lalu.

Terigu protein rendah pada umumnya cocok dipakai untuk membuat adonan kue kering atau biskuit untuk menghasilkan teksur yang ringan.

Terigu protein sedang bisa dipakai untuk membuat segaja jenis masakan, seperti kue basah, hingga cake.

Sementara terigu protein tinggi lebih cocok untuk membuat makanan dengan tekstur kenyal.

Selain pemilihan terigu, menurut Tintin langkah pembuatan kue dengan tepat juga penting diperhatikan.

“Jangan main tambah-tambah waktu atau bahan makanan sesuka hati. Perhatikan kapan waktu memasukkan bahan-bahan kue satu demi satu,” ujarnya.

Dalam acara yang diikuti para penggemar baking itu juga dipraktikkan resep-resep kue dari buku Tintin menggunakan tepung terigu Bungasari yang termasuk kategori tepung serbaguna.

Tintin mengatakan, tidak perlu takut gagal ketika belajar.

"Jangan lupa bikin kue harus pede,kalau belum berhasil coba terus. Nanti ada waktunya berhasil,” katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X