Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreatif, Donat dan Cake "Zaman Now" Ala Ayu Widya

Kompas.com - 29/06/2018, 10:32 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial Instagram telah menjadi wadah bagi siapa saja untuk berbagi banyak hal, membentuk komunitas, dan berbagai hal positif lainnya.

Tak terkecuali Ayu Widyaningrum (35). Melalui akun Instagram-nya, @ayoe_widya83, Ayu secara konsisten berbagi resep dan pengalaman baking-nya.

Ragam kreasi kue, roti, dan donat menjadi kekhasan olahan yang sering dibagikan Ayu.

Ayu bisa "menyulap" donat tak hanya berbentuk ring dengan bolong di bagian tengahnya, tetapi membentuk dan menghiasnya hingga menjadi donat yang lucu dan menggemaskan.

Bagaimana kisah Ayu dan pengalaman baking-nya hingga berbagi dengan ratusan ribu pengikutnya?

@ayoe_widya83 yang telah memiliki pengikut lebih dari 140 ribu di Instagram.Instagram @ayoe_widya83 yang telah memiliki pengikut lebih dari 140 ribu di Instagram.

Saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu, Ayu mengaku sudah menyukai dunia memasak sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. 
 
"Awalnya ngebantuin mama yang saat itu terima pesanan kue-kue dan snack," kata Ayu, ibu satu anak ini.
 
Kecintaannya terhadap dunia memasak membuat Ayu semakin gigih dalam mengolah dan menciptakan resep roti dan donat.
 
Ayu mengaku, memang gemar mencoba hal-hal baru.

Semua ini ia pelajari dengan berselancardi internet dan media sosial.

 
"Lebih enak belajar melalui internet, lewat Instagram, Facebook dan YouTube. Selebihnya trial and error dan pantang nyerah," ujar Ayu.
 
Ide kreasi olahan roti dan donat, ia peroleh dengan membaca buku-buku dan tabloid resep, unggahan di media sosial, dan cooking and baking blogger dari dalam maupun luar negeri.

Salah satu roti kreasi Ayu WidyaningrumDok. Ayu Widyaningrum Salah satu roti kreasi Ayu Widyaningrum
Dengan jumlah pengikut yang banyak, Ayu punya keinginan mengadakan kelas memasak.
 
"Baru prepare kelas memasak. Karena awalnya ada beberapa yang minta diadakan kelas baking. Jadi baru nabung buat beli peralatannya. Semoga tercapai," ujar wanita asal Semarang ini.
 
Sebagai salah satu influencer, Ayu cukup aktif berbagi aneka kreasinya, bahkan dilengkapi dengan foto dan video tutorial.

Misalnya, aneka kreasi bentuk donat dan roti. Bahkan, dengan bentuk yang mungkin tak pernah dibayangkan banyak orang. Kreatif, tetapi tak terlalu sulit untuk diikuti.

Selain donat, salah satu kreasi Ayu yang juga mendapatkan respons positif dari netizen adalah kreasi cake-nya.

Ayu pernah berbagi "One Bowl Vanila Sponge Cake". Sponge Cake ini berbentuk menyerupai tikus memakai dasi pita dengan taburan keju.

 

. . . One Bowl Vanila Sponge Cake Gambar tutorial ada dipostingan sebelumnya . . Sore mommies . Kemaren aku lihat postingan sis @icenguik sharing one bowl sponge cake. Aku baca resepnya cukup menarik, metodenya mudah dan aku paling suka cake yang ga terlalu berminyak dan gak pake banyak telor Langsung deh eksekusi... Makasih udah share resepnya ya sis. Aku sukaaa banget hasilnya mirip chiffon cake tp lebih membal. ???? . Resepnya: . One bowl vanila sponge cake Source : @icenguik . Bahan: 4 butir telur (pisahkan putih dan kuning) 1/2sdt cuka ( me : perasan jeruk nipis) A pinch of salt 80gr gula pasir . 70gr tepung terigu protein rendah 10gr maizena 25gr minyak 25gr air hangat + 10 gr @Fibercreme ( larutkan) Cara membuat: . ????Panaskan oven 180°C ????Ayak bahan kering, sisihkan. ????Ambil putih telur, cuka/ perasan jeruk, garam, gula kocok sampai mengembang kaku, turunkan speed mixer masukkan kuning telur, masukkan bahan kering aduk hingga rata. ????Masukkan minyak dan larutan @fibercreme aduk balik menggunakan spatula. ????Tuang ke dlm loyang 20x20 atau 18x18 me : pake loyang 12x 20 ( loyang roti semir ????????) ????Oven 30-35min disesuaikan dengan oven masing masing. Lakukan test tusuk. Setelah matang, hentakkan 2-3x lalu balik loyang tengkurap 10 min. Balik loyang sampai agak dingin baru dikeluarkan dari loyang. ????setelah dingin dihias sesuai selera.

A post shared by ?????????? Baking Bareng Ayoe ???? (@ayoe_widya83) on Jun 25, 2018 at 2:31am PDT

Tak kalah menariknya, salah satu kreasi roti yang dibuat Ayu yakni Mexico Rainbow Bun. Roti asal Mexico ini awalnya berbentuk bulat dan berwarna coklat.
 
Kemudian, Ayu mengubah bentuknya menjadi lonjong dan berwarna-warni laiknya pelangi.
 
Bahan-bahan yang digunakan juga mudah ditemui di toko roti pada umumnya.
 
Mexico Rainbow Bun kreasi Ayu WidyaningrumDok. Ayu Widyaningrum Mexico Rainbow Bun kreasi Ayu Widyaningrum
Resep-resep yang dibuat Ayu hanya bisa didapatkan di akun Instagram-nya.
 
"Aku belum pernah unggah di YouTube. Baru di Instagram saja karena butuh asisten untuk take video dan editing. Sementara ini semua masih saya lakukan sendiri," kata Ayu.
 
Dengan aktivitasnya di media sosial dan berbagi hal-hal terkait baking maupun masak memasak, Ayu mengaku turut mendapatkan manfaat dari sisi ekonomi.

Salah satunya, melalui jasa endorsement dari beberapa brand kecil sampai brand besar.

 
"Saya seneng banget bisa menghasilkan uang dari hobi ini. Lumayan sekali, gaji dari suami utuh untuk beli alat baking class," ujar istri dari Soni Beretta (40) ini.
 
Ayu juga berharap dapat berkolaborasi dengan food enthusiast lainnya dan dapat menerbitkan buku resep sendiri.

Kompas TV Akun dengan audiens besar akan dapat mendistribusikan video hingga satu jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com