BrandzView
Konten ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan Mastercard

Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

Kompas.com - 21/10/2019, 14:00 WIB
ilustrasi belanja online Shutterstockilustrasi belanja online

 

KOMPAS.com – Belanja online kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Dilansir Kompas, Senin (29/4/2019), penjualan ritel online pada pertengahan 2018 mengalami peningkatan transaksi sebesar 105 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Jumlah tersebut ditengarai terus meningkat mengingat lewat belanja online berbagai keperluan hidup, mulai dari kebutuhan pokok, fashion, gadget, elektronik, hingga urusan berlibur seperti tiket dan akomodasi dapat dengan mudah terpenuhi.

Contoh, bila sebelumnya untuk membeli tiket pesawat seseorang harus pergi ke agen perjalanan terlebih dahulu, kini kebutuhan tersebut bisa didapat dengan mudah melalui pemesanan online.

Cara tersebut tentu jauh lebih praktis, apalagi dengan sistem pembayaran yang juga bisa dilakukan secara online lewat internet atau mobile banking.

Soal keamanan, Anda tak perlu khawatir. Kini, bank dan e-commerce telah menerapkan sistem keamanan canggih untuk memastikan setiap transaksi yang menggunakan kartu debit dan kredit terlindungi.

Tak hanya itu, dengan memilih pembayaran online, Anda akan menikmati beberapa manfaat seperti berikut ini.

Kendali yang lebih baik atas uang Anda

Dengan pembayaran online, baik menggunakan kartu debit maupun kredit, Anda memiliki kendali penuh atas uang Anda.

Artinya, Anda bisa menelusuri semua transaksi di rekening koran dari bank penerbit kartu.

Jika Anda menemukan transaksi yang mencurigakan, atau kehilangan kartu, Anda bisa segera menghubungi bank penerbit kartu.

Pihak bank akan memblokir kartu tersebut untuk mencegah transaksi yang tidak terotorisasi dan memastikan saldo rekening tetap aman.

Setelah itu, pihak bank akan menerbitkan kembali kartu baru untuk Anda.

Pembayaran online dengan kartu debit atau kartu kredit melindungi Anda dari penyalahgunaan

Tak sedikit orang masih mengkhawatirkan soal keamanan metode pembayaran online dengan kartu debit atau kartu kredit.

Namun, itu dulu. Kini, kartu kredit dan kartu debit di Indonesia telah dilengkapi fitur keamanan berlapis, sehingga jauh lebih aman dibandingkan membayar dengan uang tunai.

Sistem keamanan tersebut dimulai saat Anda hendak melakukan pembayaran online. Merchant akan mengirimkan notifikasi kepada acquiring bank.

Pemberitahuan tersebut kemudian dilanjutkan ke pihak issuing bank. Bila berhasil, pembayaran akan dilakukan melalui payment gateaway dan kemudian ke merchant.

Untuk meningkatkan keamanan, Anda masih perlu melewati satu tahap verifikasi lagi, yaitu memasukkan kode One Time Password (OTP) yang dikirimkan oleh bank penerbit kepada pemegang kartu melalui Short Message Service (SMS).

Sistem keamanan OTP inilah yang memungkinkan Anda untuk mengotorisasi setiap transaksi.

Informasi pribadi Anda selalu terlindungi

Tak hanya transaksi, fitur keamanan yang tertanam pada kartu debit maupun kredit Mastercard, juga melindungi data pribadi pemegang kartu.

Meski begitu, Anda juga perlu menjaga kerahasiaan kartu Anda. Misalnya dengan tidak menyebarkan informasi yang ada pada kartu kepada siapa pun.

Seperti 16 digit angka, tanggal kadaluarsa, dan card verification value (CVV) kartu.

Selain itu, saat berbelanja online, Anda juga perlu memastikan jaringan internet yang digunakan adalah milik pribadi.

Pasalnya, dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/9/2018), jaringan Wi-Fi yang berada di tempat umum sangat berisiko.

Pastikan juga situs belanja yang dikunjungi aman. Indikator keamanan sebuah situs dapat dilihat dari alamat situsnya, yaitu https:// dan terdapat gambar gembok di samping kanan address bar browser Anda.

Untuk menghindari kejahatan siber perbankan, Anda juga perlu mengganti PIN atau sandi secara berkala.

Hindari penggunaan PIN dengan angka tanggal lahir. Gunakan kombinasi nomor yang sulit ditebak.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda tak perlu lagi khawatir soal keamanan pembayaran online.

Selain memberikan ketenangan saat melakukan transaksi online, Mastercard juga memiliki berbagai penawaran spesial yang dapat Anda manfaatkan untuk persiapan perjalanan wisata Anda di akhir tahun ini.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea Selatan, atau banyak negara lainnya, Anda dapat menikmati berbagai penawaran istimewa.

Mulai dari potongan harga untuk akomodasi, manfaat untuk melakukan early check-in maupun late check-out, potongan harga untuk transportasi, hingga berbagai manfaat menarik lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penawaran spesial dari Mastercard ini, langsung saja kunjungi link ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya