Gejala Virus Corona Muncul Lima Hari Setelah Tertular

Kompas.com - 10/03/2020, 19:33 WIB
Aktivitas masyarakat saat berada di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (9/3/2020). Pemerintah resmi mengumumkan bertambahnya pasien yang dikonfirmasi positif tertular virus corona pada hari minggu, total ada 6 pasien kasus Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGAktivitas masyarakat saat berada di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (9/3/2020). Pemerintah resmi mengumumkan bertambahnya pasien yang dikonfirmasi positif tertular virus corona pada hari minggu, total ada 6 pasien kasus Covid-19.

KOMPAS.com - Orang yang terinfeksi oleh virus corona cenderung menunjukkan gejala sekitar lima hari setelah paparan, dan selalu nyaris dalam kurun waktu dua minggu.

Gejalanya antara lain demam, batuk, dan gangguan pernapasan. Kebanyakan orang sudah menunjukkan gejala sekitar lima hari atau kurang.

Orang yang terpapar corona dan tidak menunjukkan gejala sampai hari ke-12 cenderung tak akan mengalami gejala apa pun tapi tetap jadi pembawa virus.

Masa inkubasi itu konsisten dengan perkiraan sebelumnya dari otoritas kesehatan masyarakat, dan 14 hari karantina dianggap sesuai untuk orang yang berpotensi terkena virus corona.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine itu juga menunjukkan, skrining simptomatik untuk virus --seperti pemeriksaan suhu di bandara-- bisa tak mendeteksi orang yang baru terinfeksi.

"Jika seseorang berada dalam masa inkubasi, itu adalah periode jendela ketika orang yang sudah terinfeksi bepergian ke negara lain dan tidak terdeteksi oleh pengawasan berbasis gejala," kata peneliti Justin Lessler.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) AS merekomendasikan agar orang melakukan karantina sendiri selama dua minggu usai bepergian ke negara-negara dengan penyebaran corona yang luas seperti Italia atau Korea Selatan.

Baca juga: Setelah Sembuh dari Infeksi Virus Corona, Akankah Pasien Menjadi Imun?

"Jendela sempit" untuk memperkirakan periode inkubasi

Untuk memperkirakan masa inkubasi, Lessler dan timnya memeriksa lebih dari 180 laporan virus corona di tempat-tempat tanpa penyebaran virus yang luas, di mana infeksi mungkin disebabkan oleh perjalanan luar negeri.

Karena penelitian ini dilakukan pada awal epidemi virus corona, penularan komunitas pada waktu itu terbatas di Wuhan, China.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X