Pengembangan Vaksin Corona Sudah Sampai Mana?

Kompas.com - 01/04/2020, 14:06 WIB
Ilustrasi vaksin ShutterstockIlustrasi vaksin
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Vaksin corona yang diharap-harapkan belum juga ada. Tidak heran, mengingat SARS-COV-2, virus penyebab covid-19, baru ditemukan tiga bulan yang lalu.

Padahal jika mengikuti alur pembuatan vaksin yang biasa dibutuhkan waktu hingga 10 tahun agar vaksin baru bisa tercipta.

Ada banyak tahap yang harus dilewati sebelum suatu vaksin bisa digunakan secara luas. Uji coba pun umumnya harus melalui pengujian dengan melibatkan hewan sebelum pada manusia.

Sementara itu, saat sudah masuk fase pengujian pada manusa, ada tiga tahap yang perlu dilalui. Setiap tahapnya bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Namun untungnya, di tengah pandemi corona saat ini berbagai lembaga, peneliti, maupun laboratorium di seluruh dunia terus bekerja untuk bisa memangkas waktu penelitian. Sepertinya, kita tidak butuh waktu 10 tahun untuk menunggu vaksin Covid-19 keluar.

Sudah sampai mana perkembangan vaksin corona?

Hingga saat ini ada berbagai lembaga yang sedang berpacu dengan waktu untuk segera bisa memproduksi vaksin corona untuk Covid-19.

Sejumlah lembaga tersebut menggunakan metode-metode yang ada untuk bisa menciptakan vaksin penyakit baru ini, seperti:

• Metode pelemahan virus

Untuk membuat vaksin dengan metode ini, peneliti akan melemahkan virus penyebab penyakit, lalu memasukkannya ke tubuh.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X