Kompas.com - 30/04/2020, 08:17 WIB
. Getty Images/iStockphoto.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Patah hati adalah momen yang berat bagi mereka yang melaluinya, apalagi jika sudah bermimpi merajut masa depan bersama sang mantan pasangan.

"Move on" alias melupakan mantan dan kembali menjalani kehidupan normal nyatanya merupakan sesuatu yang sulit, terutama pada hari-hari awal.

Nah, jika kamu memiliki pengalaman serupa atau baru saja mengalami putus cinta, pakar pemulihan putus cinta Cherlyn Chong menyebutkan, ada empat kiat ampuh yang bisa kamu terapkan untuk move on dari hubungan yang baru saja kandas.

1. Meyakini bisa melupakan mantan

Meski instruksi ini terdengar jelas, banyak orang melewatkannya dan melakukan tindakan langsung, seperti menghapus nomor mantan dan memblokir media sosial mereka. Padahal, proses ini sangatlah penting.

"Cukup membuat keputusan bahwa kamu akan melupakan apa yang terjadi maka kamu akan bisa melakukannya," kata Chong.

"Jadi tidak hanya menghapus kontak, namun kamu juga harus berupaya untuk melupakannya."

Pemulihan tidak akan terjadi tanpa membuat keputusan ini. Sebab, pikiranmu akan terus kembali ke momen-momen bahagia bersama sang mantan, pada satu waktu mengharapkan momen itu kembali namun di waktu lainnya berharap mereka menghilang.

Maka jika tidak diawali dengan niat, kamu akan terus berada dalam siklus yang sama.

Baca juga: Delapan Cara Move On dari Mantan Setelah Lama Berpacaran

2. Pembumian

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X