Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2020, 12:59 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat pertama kali membawa pulang bayi yang baru lahir, seks mungkin menjadi hal terakhir yang Anda pikirkan, atau bahkan tidak terpikirkan sama sekali.

Namun, setelah beberapa minggu, Anda dan pasangan mungkin sudah kembali memikirkan kapan akan meluangkan waktu untuk intim secara fisik lagi.

Memang tidak ada waktu pasti kapan orangtua baru boleh berhubungan intim lagi setelah anak lahir. Namun, menurut American College of Obstetrics and Gynaecology, dokter pada umumnya menyarankan empat hingga enam minggu setelah melahirkan.

Menurut Mayo Clinic, selama waktu itu, ibu yang baru saja melahirkan mungkin mengalami kelelahan, kekeringan pada vagina, rasa sakit, atau gairah seks yang rendah.

Jika Anda mengalami robekan vagina selama persalinan yang membutuhkan jahitan, dokter menyarankan menunggu sampai area tersebut benar-benar sembuh untuk mencegah rasa sakit atau cedera ulang.

Baca juga: Panduan Menyiapkan Persalinan di Tengah Pandemi

Namun, jika memang setelah enam minggu ibu belum merasa siap, tidak perlu dipaksakan. Sebab, orangtua pada umumnya akan memiliki rutinitas baru setelah kelahiran anak, dan sangat sulit untuk kembali ke rutinitas lama.

"Dan rutinitas itu kemungkinan akan berubah dari bulan ke bulan ketika seorang bayi baru lahir. Itu berubah dengan sangat cepat," kata asisten profesor di School of Health and Kinesiology di University of Nebraska-Omaha, Sofia Jawed-Wessel, kepada Self.

Namun, jika Anda sudah siap, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan demi pengalaman berhubungan intim yang nyaman dan menyenangkan pasca persalinan.

Menurut Christine Leistner, seorang ilmuwan kesehatan hubungan dan asisten profesor di California State University, tahapannya bisa mengikuti panduan berikut:

Baca juga: Masa Karantina Mengubah Kehidupan Seks

Ilustrasi pasangan makan sehat untuk penuhi nutrisi Ilustrasi pasangan makan sehat untuk penuhi nutrisi

1. Membangun kembali keintiman

Sebuah penelitian menemukan bahwa bagaimana wanita merasa secara seksual, dan bagaimana mereka menganggap pasangannya merasa seksual, adalah faktor yang lebih penting dalam kepuasan seksual pasca-melahirkan, daripada faktor fisik seperti menyusui atau trauma vagina.

Temuan menunjukkan bahwa membangun kembali hubungan intim dengan pasangan dapat membantu membuat seks pasca persalinan lebih memuaskan.

Leistner menyarankan agar Anda meluangkan waktu untuk melakukannya di luar kamar.

"Bicarakan terlebih dahhlu, lakukan pelan-pelan, dan melakukan hal-hal lain yang menyenangkan selain seks akan sangat membantu untuk membangun keterhubungan dengan pasangan sehingga seks menjadi lebih nyaman," kata Leistner.

Baca juga: Kebiasaan Mengecek Ponsel Pasangan, Baik atau Buruk?

2. Berkomunikasi

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com