Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2020, 15:26 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para pakar sedang mengembangkan vaksin untuk Covid-19. Namun, belum ada titik terang mengenai kapan vaksin bisa segera digunakan.

Oleh sebab itu, seorang ahli asal Perancis mengingatkan agar orang-orang menjaga jarak sosial dengan lebih serius karena kecil kemungkinan vaksin untuk virus corona bisa tersedia pada tahun 2021.

"Vaksin membutuhkan beberapa tahun dalam pengembangan," kata ahli epidemiologi Arnaud Fontanet, anggota tim ilmuwan yang memberi nasihat tentang krisis, di stasiun televisi BFMTV.

"Tentu saja, ada upaya luar biasa saat ini untuk mengembangkan vaksin, tetapi saya akan sangat terkejut jika kita punya vaksin yang efektif pada tahun 2021," ujar dia.

Fontanet menambahkan, andaipun kita memiliki satu vaksin yang berfungsi, kita masih sangat jauh dari akhir krisis.

"Karena itu, kita harus hidup dengan virus ini," katanya.

"Setidaknya hormati jarak fisik," ucap Fontanet yang menekankan bahwa kegiatan berkumpul dalam jumlah besar merupakan ancaman utama.

Sekelompok dokter terkemuka di Perancis juga mengingatkan orang-orang untuk mengenakan masker di area publik sebagai upaya mencegah gelombang kedua virus corona.

Fontanet mengatakan, risiko utama munculnya klaster virus baru adalah di ruang terbatas, seperti kapal pesiar, ruang olahraga, diskotik, perumahan, dan tempat-tempat ibadah.

Pada Rabu (8/7/2020), Pemerintah Perancis mengatakan sedang bersiap untuk menghadapi gelombang kedua Covid-19.

Namun, bukannya melakukan lockdown berskala nasional, melainkan mereka akan menggunakan langkah seperti anjuran bertahan di rumah atau menutup bisnis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com