Pentingkah Membahas Infeksi Menular Seksual dengan Pasangan?

Kompas.com - 02/10/2020, 19:18 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Keterbukaan dengan pasangan, apalagi jika hubungan makin serius, memang dibutuhkan. Kendati begitu banyak orang yang enggan membicarakan tentang infeksi menular seksual (IMS).

Padahal, mendiskusikan IMS dengan pasangan kita saat ini bisa membuat rutinitas seksual kita menjadi lebih aman.

Infeksi menular seksual ditularkan melalui hubungan intim tanpa menggunakan kondom. Jika tidak ditangani, infeksi ini dapat mengakibatkan gangguan organ reproduksi seperti susah hamil, disfungsi ereksi, hingga kanker.

Ditambah lagi, jika kita memiliki IMS, kita berpotensi menularkan penyakit tersebut kepada pasangan.

Terapis yang berbasis di New York City, AS, Rachel Wright mengatakan, tidak ada kata terlambat untuk membicarakan infeksi menular seksual dengan pasangan kita.

Baca juga: Jangan Cuci Kondom dan Memakainya Ulang

1. Agar hubungan seks aman dilakukan

Kita perlu mencari tahu apa yang kita butuhkan dari pasangan agar merasa aman untuk berhubungan seks.

Sebagian orang bisa dengan mudah mempercayai kata-kata pasangannya yang mengaku tidak memiliki infeksi menular seksual. Namun orang lain merasa lebih nyaman berhubungan seks jika mereka sudah melihat dokumentasi dari uji infeksi menular terbaru pasangannya.

Kita perlu mengetahui kondisi kita lebih dulu dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, terlebih jika kita aktif secara seksual.

2. Pentingnya komunikasi sebelum bercinta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X