Hubungan yang Bahagia Memiliki Nilai-nilai Utama Ini

Kompas.com - 06/01/2021, 20:20 WIB
Ilustrasi pasangan. SHUTTERSTOCKIlustrasi pasangan.

KOMPAS.com - Masa awal kencan merupakan momen yang indah dan menyenangkan bagi tiap pasangan. Tapi momen itu tidak akan berlangsung selamanya. Setelah itu, masing-masing individu harus mencari tahu bagaimana mereka akan menjalani kehidupan bersama.

Di tengah proses itulah, baik pria maupun wanita juga perlu memahami relationship value atau nilai-nilai dalam sebuah hubungan yang membuat Anda dan dia menjadi pasangan bahagia.

Memahami nilai utama dari sebuah hubungan memang terdengar klise, namun ini adalah langkah cerdas untuk mencapai kebahagiaan dengannya.

Para pakar hubungan menjelaskan bahwa nilai utama sebuah hubungan terdiri dari kepercayaan, persahabatan, keyakinan, etos kerja, kemampuan mengemban tanggung jawab, serta loyalitas.

1. Kepercayaan

Kepercayaan adalah nilai dasar hubungan. Seseorang yang dipenuhi rasa curiga tidak dapat diajak membangun mimpi bersama. 

Jika kita terus-menerus khawatir akan komitmen pasangan, sulit untuk merasa nyaman dengannya. Yang ada, kita tak dapat berpikir jernih dan menjauh dari pasangan.

Baca juga: 8 Cara Mudah Tingkatkan Rasa Percaya Diri

"Keamanan, kerentanan, dan kemampuan menunjukkan siapa kita tanpa menghakimi, memberi kita kepuasan dan membuat kita bisa jadi diri sendiri sepenuhnya," kata pelatih kehidupan dan penulis Nicole LaBeach

Membangun kepercayaan akan menumbuhkan keandalan dan rasa aman.

Menurut Dana McNeil, terapis pernikahan dan keluarga asal San Diego, AS, kita harus memercayai karakter seseorang, bukan perilakunya.

Halaman:


Sumber Fatherly
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X