Kompas.com - 21/01/2021, 15:23 WIB
Ilustrasi pemberian ASI eksklusif (Dok. Shutterstock) Ilustrasi pemberian ASI eksklusif

KOMPAS.com - Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari pemerintah di masa pandemi Covid-19 berdampak pada peningkatan jumlah ibu yang memberikan ASI secara eksklusif.

Dalam penelitian terbaru dari Health Collaborative Center (HCC) diketahui, masa pandemi tidak menurunkan perilaku laktasi, terutama di kalangan ibu pekerja. Bahkan, dalam survei tahun 2020 itu angka ASI Eksklusif meningkat hingga 89 persen.

"Kebijakan PSBB yang mengharuskan sebagian besar ibu tetap berada di rumah justru memberi pengaruh positif terhadap peningkatan perilaku laktasi."

Demikian dikatakan oleh ketua tim peneliti dari HCC, Dr Ray Wagiu Basrowi, MKK saat diskusi virtual melalui aplikasi Zoom, Rabu (20/1/2021).

"Angka ini meningkat tajam dibanding angka ASI Eksklusif di Indonesia selama beberapa tahun ini yang masih berkisar antara 30-50 persen," sambung dia.

Baca juga: 12 Superfood yang Baik untuk Ibu Menyusui

Penelitian ini dilakukan terhadap 379 responden ibu menyusui dari 20 provinsi di Indonesia. Terungkap, peningkatan angka keberhasilan ASI Eksklusif pada kelompok yang bekerja dari rumah (work from home) yaitu sebesar 97,8 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, pada kelompok ibu menyusui yang tetap kerja dari kantor sebesar 82,9 persen.

Temuan lain juga memperlihatkan bahwa pemanfaatan konsultasi layanan kesehatan daring selama masa pandemi Covid-19 di Indonesia sangat membantu ibu menyusui.

Terbukti, ada sebanyak 70 persen ibu menyusui yang berkonsultasi laktasi dengan tenaga kesehatan secara daring. Sebesar 40 persen di antaranya berkonsultasi melalui aplikasi WhatssApp.

Mayoritas responden mengakui layanan kesehatan daring selama masa pandemi sangat membantu dan efektif.

Baca juga: Alasan Ibu Hamil dan Menyusui Bukan Prioritas Vaksinasi Covid-19

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.