Kompas.com - 15/02/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi kucing jenis Chartreux. Ilustrasi kucing jenis Chartreux.

KOMPAS.com - Tingkah laku kucing terkadang terlihat lucu dan menggemaskan. Tapi tak jarang kucing juga berperilaku menyebalkan.

Namun bagaimanapun perilaku kucing, hewan berkaki empat itu memiliki alasan di baliknya. Perilaku kucing berasal dari naluri alami dan memiliki tujuan.

Berikut delapan contoh perilaku kucing yang alasannya mungkin tidak disadari oleh pemiliknya.

1. Mencakar

Di alam liar kucing mengasah kukunya dengan cara mencakar pohon. Selain itu, kucing juga memberikan goresan untuk menandai wilayahnya.

Ketika dipelihara di rumah, kucing akan mencakar benda-benda yang ada di sekitarnya. Mustahil bagi pemilik kucing untuk menahan keinginan tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai solusi, pemilik kucing bisa menyediakan area khusus untuk hewan peliharaannya menggoreskan kuku.

Jika kucing memiliki area yang tepat untuk mencakar, hewan tersebut tidak akan meninggalkan goresan di furnitur, karpet, atau tirai.

Tempat cakaran kucing banyak dijual di pasaran dan terdiri dari berbagai bahan seperti karpet, kayu, karton, serta tali.

Setiap kucing memiliki preferensi. Jadi bereksperimenlah dengan beberapa bahan dan lihat yang jadi favorit kucing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X