Kompas.com - 10/01/2021, 07:10 WIB
Kucing gemar bermain dan menghabiskan waktu di sekitar sepatu milik orang yang membuatnya merasa aman dan nyaman. PEXELS/SUSANNE JUTZELERKucing gemar bermain dan menghabiskan waktu di sekitar sepatu milik orang yang membuatnya merasa aman dan nyaman.

KOMPAS.com - Pencinta kucing mungkin menyadari jika kucing peliharaannya sangat obsesi terhadap sepatu, baik menciuminya, bermain dengannya, hingga tidur di atas sepatu.

Ada beberapa alasan yang menjelaskan mengapa sepatu terlihat begitu menarik bagi kucing dan membuat mereka suka berada di dekat sepatu, di antaranya:

1. Sepatu punya bau yang dikenal kucing
Bagi seekor kucing, indera penciuman mungkin adalah yang paling penting di antara panca indera mereka yang lain.

Penciuman mereka 14 kali lebih kuat daripada manusia dan mereka memiliki reseptor penciuman dua kali lebih banyak di jaringan hidungnya daripada manusia.

Kucing juga memiliki organ khusus yang terletak di langit-langit mulutnya yang disebut organ Jacobson (kadang-kadang disebut sebagai organ vemeronasal). Ini sama sekali tidak dimiliki manusia.

Organ Jacobson memungkinkan kucing merasakan aroma dan feromon di udara, memberi mereka banyak informasi tentang hewan dan manusia di area tersebut.

Kucing secara alami memiliki rasa ingin tahu dan akan menyelidiki bau-bau baru yang ditemuinya.

Namun, mereka juga akn mencari-cari bau dari benda-benda yang sudah mereka kenal, yang membuat mereka merasa aman dan nyaman.

Selain itu, kucing membuat dan mengeluarkan feromon dengan bau unik dirinya sendiri di seluruh jaringan tubuhnya, termasuk pipi.

Saat kucing menggesek-gesekkan wajahnya pada benda atau bagian tubuhmu, mereka sedang meninggalkan jejak sebagai cara untuk mengatakan: "saya pernah ke sini sebelumnya. Ini milik saya dan membuat saua merasa aman".

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X