Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menghadapi Pasangan dengan Love Language Quality Time 

Kompas.com - 10/05/2024, 22:14 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu jenis love language adalah quality time atau waktu yang berkualitas. Orang dengan love language ini, akan merasa dicintai dan dihargai apabila pasangannya meluangkan waktu untuk menikmati kebersamaan dan memberikan perhatian penuh. 

Apakah pasangan kamu termasuk orang dengan love language quality time? Jika demikian, berikut sejumlah tips menghadapi pasangan dengan love language quality time, seperti dilansir dari Verywell Mind. 

Baca juga: 6 Cara Menghadapi Pasangan dengan Love Language Words of Affirmation

Istilah love language pertama kali dikenalkan pada 1992 oleh Gary Chapman dalam bukunya bertajuk The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts. 

Chapman, yang seorang penulis dan konselor keluarga tersebut, mengungkapkan lima macam love language. Meliputi, word of affirmation, quality time, receiving gift, acts of service, dan physical touch.  

Ilustrasi cara menghadapi pasangan dengan love language quality timeDok. Pexels/M?nn Quang Ilustrasi cara menghadapi pasangan dengan love language quality time

Cara menghadapi pasangan love language quality time

1. Kontak mata 

Saat menikmati quality time bersama pasangan, upayakan untuk membuat kontak mata (eye contact). Hal ini membuat pasangan merasa mendapatkan perhatian penuh dan merasa dicintai. 

Melakukan kontak mata juga menandakan bahwa kamu peduli dengan apa yang pasangan sampaikan. 

Baca juga: Cara Atasi Konflik akibat Perbedaan Love Language

2. Mendengarkan 

Orang dengan love language quality time ingin didengarkan oleh pasangannya. Mendengarkan dalam hal ini berarti, fokus pada apa yang dikatakan pasangan dan hindari memberikan nasihat, kecuali mereka memintanya.

Sebab, kebanyakan orang hanya ingin didengarkan segala keluh kesahnya tanpa diberi nasehat. Cobalah menempatkan diri kamu pada posisi pasangan atau pikirkan bagaimana perasaan kamu jika berada dalam situasi yang sama. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com