Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Love Language Physical Touch? Ketahui 10 Ciri-cirinya

Kompas.com - 09/05/2024, 17:38 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Mengetahui love language atau bahasa cinta pasangan maupun diri sendiri dapat membantu keharmonisan sebuah hubungan. 

Melansir dari Mind Body Green, love language adalah cara seseorang mengekspresikan dan menerima cinta dan kasih sayang dalam sebuah hubungan. Istilah love language pertama kali dikenalkan pada 1992 oleh Gary Chapman dalam bukunya bertajuk The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts. 

Baca juga: 7 Macam Love Language dan Artinya, Kamu yang Mana? 

Chapman, yang seorang penulis dan konselor keluarga tersebut, mengungkapkan lima macam love language. Meliputi, word of affirmation, quality time, receiving gift, acts of service, dan physical touch.  

Dalam perkembangannya, muncul dua jenis love languange baru berdasarkan penelitian terhadap orang dewasa di AS yang tertuang dalam laporan E-Harmony 2023 Dating Trends Report. Kedua love languange baru yang dimaksud adalah shared experiences dan emotional security. 

Apa itu love language physical touch

ilustrasi love language physical touchPexels ilustrasi love language physical touch

Love language physical touch kerap kita dengar dalam keseharian. Lantas, apa itu love language physical touch? 

Melansir dari Mind Body Green dan Verywell Mind, seseorang dengan love language physical touch atau sentuhan fisik akan merasa dicintai dan dihargai apabila pasangannya memberikan sentuhan fisik seperti memegang tangan, memeluk, mengelus kepala, dan sebagainya. 

Baca juga: Cara Atasi Konflik akibat Perbedaan Love Language

Sebagai catatan, physical touch tidak hanya soal seks semata. Seseorang dengan love language physical touch, merasakan rasa intim dari sentuhan fisik tersebut sebagai penghubung emosional yang kuat dengan pasangan. 

“Mereka menghargai perasaan hangat dan nyaman yang datang dari sentuhan fisik,” ujar Psikoterapis Fariha Mahmud Syed dalam Mind Body Green. 

Selain itu, physical touch dapat meningkatkan rasa bahagia dan mengurangi tingkat stress. Orang dengan love language ini, lebih menyukai sentuhan fisik ketimbang kata-kata romantis.

“Physical touch, khususnya berpelukan dapat melepaskan oksitosin, yaitu hormon yang membuat perasaan senang sehingga membuat kamu merasa aman,” kata Clarissa Silva, Ilmuwan Perilaku dan Pelatih Hubungan dalam Verywell Mind. 

“Selain menciptakan ikatan antara pasangan, physical touch juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” imbuh Silva. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com