Kompas.com - 08/04/2021, 18:10 WIB
Jeruk nipis ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sejumlah masalah rambut, salah satunya adalah ketombe. SHUTTERSTOCKJeruk nipis ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sejumlah masalah rambut, salah satunya adalah ketombe.

KOMPAS.com - Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan sudah dikenal cukup luas. Beberapa di antaranya membantu meredakan jerawat dan mengecilkan pori-pori wajah.

Namun, jeruk nipis ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sejumlah masalah rambut, salah satunya adalah ketombe.

Dikutip dari buku Khasiat Ajaib Jeruk Nipis: dari A-Z untuk Kesehatan & Kecantikan yang ditulis oleh Annisa Kurnia (2014), gangguan masalah ketombe kering di kepala disebabkan oleh berkembangbiaknya jamur Pityrosporum oval.

Perkembangbiakan ini dapat dihambat dengan memanfaatkan jeruk nipis yang mengandung asam sitrat, minyak atsiri, belerang (sulfur), dan d-limonen.

Ada beberapa kondisi lain yang juga menyebabkan ketombe. Menurut Healthline, beberapa di antaranya seperti sensitivitas atau alergi dan iritasi terhadap produk, kulit kepala berminyak, hingga kondisi kesehatan seperti psoriasis atau eksim.

Baca juga: 5 Hal Tak Terduga Penyebab Ketombe

Sampo dengan ekstrak buah-buahan sitrus seperti lemon atau jeruk nipis mungkin sudah sering kita lihat.

Selain baunya enak, sampo dengan ekstrak buah sitrus bisa membantu menyesuaikan pH di kulit kepala. Ini dapat mengurangi risiko ketombe, serta menjaga reaksi buruk apapun dan peradangan pada kulit kepala.

Selain itu, buah-buahan sitrus juga kaya akan vitamin C dan B.

Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang dapat memerkuat folikel rambut dan merangsang produksi kolagen untuk membantu perbaikan sel-sel kulit yang rusak.

Sementara vitamin B juga membantu memperbaiki kondisi kulit, termasuk kulit kepala.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X