Kompas.com - 08/04/2021, 17:06 WIB
Manfaat jeruk nipis bisa didapatkan dari buah, daun, kulit, dan akarnya. FREEPIK/D3IMAGESManfaat jeruk nipis bisa didapatkan dari buah, daun, kulit, dan akarnya.

KOMPAS.com - Selain dijadikan pelengkap masakan, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Menurut buku Khasiat Ajaib Jeruk Nipis: dari A-Z untuk Kesehatan & Kecantikan yang ditulis oleh Annisa Kurnia (2014), manfaat jeruk nipis bisa didapatkan dari buah, daun, kulit, dan akarnya.

Kulit buah dan daun jeruk juga dapat menghasilkan minyak atsiri (essential oil) yang bermanfaat bagi kesehatan, kecantikan, hingga membunuh serangga.

Adapun manfaat jeruk nipis untuk kecantikan antara lain:

1. Meredakan jerawat

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah meredakan jerawat.

Jerawat dapat terjadi jika pH kulit dalam kondisi basa.

Air perasan jeruk nipis yang bersifat asam dapat mengendalikan pH kulit dalam konrisi basa menjadi pH asam.

Selain itu, pH asam dapat menyebabkan bakteri P.acnes tidak mampu bertahan hidup.

Salah satu cara paling praktis untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggosokkan potongan jeruk nipis ke wajah yang berjerawat dan berminyak.

Lakukan ini dua hingga tiga kali sehari.

Baca juga: Beda Letak Jerawat, Beda Pemicunya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X