Kompas.com - 02/05/2021, 18:23 WIB
Jaeger-LeCoultre Reverso Duetto Jaeger-LeCoultreJaeger-LeCoultre Reverso Duetto
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pembuat jam Jaeger-LeCoultre pada awalnya merancang arloji Reverso untuk digunakan oleh para perwira Angkatan Darat Inggris (British Army) ketika menjalani pertandingan polo di India di tahun 1931.

Agar bagian depan arloji tidak rusak jika terbentur saat bermain polo, maka Jaeger-LeCoultre membuatnya agar bisa diputar atau dilipat.

Casing belakang arloji Reverso kala itu menggunakan bahan logam yang kokoh karena bagian belakang itu akan diputar menjadi bagian depan.

Namun memasuki tahun 1990-an, tepatnya tahun 1994, pembuat jam menawarkan tampilan yang berbeda pada arloji Reverso, dengan merilis Reverso Duoface.

Sesuai namanya, "Duoface" menonjolkan dua "wajah" alias dua dial jam di casing depan maupun casing belakang.

Jaeger-LeCoultre Reverso Duetto Medium Jaeger-LeCoultre Reverso Duetto Medium
Arloji Reverso Duoface memungkinkan penggunanya untuk menikmati dua desain dial berbeda pada satu arloji yang sama.

Uniknya lagi, kedua dial tersebut ditenagai oleh satu mesin, maka tidak mengherankan jika arloji ini menjadi inovasi di industri jam kala itu.

Desain Duoface akhirnya menginspirasi Jaeger-LeCoultre untuk melahirkan arloji Reverso Duetto, dengan membawa konsep dial ganda ke level yang lebih tinggi.

Kali ini, pembuat jam asal Swiss itu menyempurnakan model Duetto Medium yang memiliki casing berukuran 40 x 24 mm.

Mesin jam manual pada jam tersebut diganti dengan mesin otomatis Calibre 968A buatan pabrik, yang dilengkapi cadangan daya 38 jam.

Baca juga: Yang Terbaru dari Jaeger-LeCoultre Reverso, Jam Tangan dengan Dua Muka

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X