Kompas.com - 03/05/2021, 13:29 WIB
Ilustrasi anjing sedang makan. PIXABAY/MAT COULTONIlustrasi anjing sedang makan.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita umumnya akan merasa jijik dan kaget ketika melihat hewan peliharaan melakukan suatu hal yang aneh, yakni makani kotoran sendiri.

Melansir Treehugger, sekitar 16% anjing memakan kotorannya sendiri atau kotoran anjing lain secara teratur, dan 23% terlihat makan kotoran setidaknya sekali.

Fenomena anjing makan kotorannya sendiri ini didasari oleh dua teori. Teori pertama menyatakan bahwa coprophagia atau konsumsi feses adalah perilaku yang terkait dengan perkembangan dan keadaan lingkungannya.

Lalu teori kedua mengatakan bahwa penyebabnya adalah perilaku evolusi yang diturunkan dari nenek moyang anjing yaitu srigala, yang memakan kotorannya sendiri untuk menghindari parasit usus masuk ke dalam sarangnya.

Perilaku anjing ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti usia, ras, dan keadaan hidupnya. Secara umum, inilah alasan anjing memakan kotorannya sendiri:

1. Masalah medis

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika anjing kamu tidak menyerap nutrisi dengan benar atau menerima pola makan yang buruk, si anjing mungkin akan beralih mengonsumsi kotorannya.

Beberapa masalah medis dapat menyebabkan kotoran anjing mengandung makanan yang tidak tercerna.

Jika ini terjadi, si anjing mungkin akan memakan kotorannya hanya karena baunya yang mirip makanan. Anjing juga dapat menjadi coprophagia sebagai akibat dari parasit.

Jika kamu melihat perilaku ini terjadi pada anjing peliharaan, atau jika anjing makan banyak tetapi tetap lapar, ada baiknya untuk mengkonsultasikan ini ke dokter hewan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Treehugger
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.