Kompas.com - 18/05/2021, 15:35 WIB

KOMPAS.com - Pada masa menyusui, ibu akan merasakan perubahan pada tubuhnya, termasuk metabolisme tubuh yang semakin tinggi dan tubuh mudah berkeringat.

Kondisi ini tentunya dapat mengganggu, terutama bagi para ibu aktif yang bekerja atau melakukan aktivitas aktif lainnya.

Untuk itu, dibutuhkan pakaian dan perlengkapan menyusui yang dapat menunjang aktivitas ibu.

Salah satunya adalah memerhatikan kenyamanan bahan pakaian menyusui yang digunakan.

"Pemilihan baju harus terbuat dari bahan yang adem dan nyaman untuk dipakai sepanjang hari. Baju berbahan katun lebih disarankan karena dapat menyerap keringat serta nyaman."

Demikian diungkapkan oleh Brand Manager pakaian menyusui Monomom, Fhenny, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Catat, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Sementara untuk jenis pakaiannya, disarankan untuk memilih baju dengan tutup lipatan kain atau hidden zipper, sehingga akan lebih memudahkan ketika melakukan pumping.

"Pilihlah model dan warna yang versatile, ini dapat mempermudah untuk dipadu padankan dengan outfit lain yang sudah ada, misalnya warna yang netral," ucapnya.

Fhenny menyebutkan beberapa pakaian dan perlengkapan menyusui yang wajib dimiliki oleh ibu aktif, antara lain:

1. Inner menyusui

Inner atau manset menyusui dapat dipadu padankan dengan blazer atau pakaian kerja lainnya tanpa mengganggu kenyamanan ibu ketika bekerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.