Salin Artikel

5 Pakaian dan Perlengkapan Menyusui yang Wajib Dimiliki Ibu Aktif

Kondisi ini tentunya dapat mengganggu, terutama bagi para ibu aktif yang bekerja atau melakukan aktivitas aktif lainnya.

Untuk itu, dibutuhkan pakaian dan perlengkapan menyusui yang dapat menunjang aktivitas ibu.

Salah satunya adalah memerhatikan kenyamanan bahan pakaian menyusui yang digunakan.

"Pemilihan baju harus terbuat dari bahan yang adem dan nyaman untuk dipakai sepanjang hari. Baju berbahan katun lebih disarankan karena dapat menyerap keringat serta nyaman."

Demikian diungkapkan oleh Brand Manager pakaian menyusui Monomom, Fhenny, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Sementara untuk jenis pakaiannya, disarankan untuk memilih baju dengan tutup lipatan kain atau hidden zipper, sehingga akan lebih memudahkan ketika melakukan pumping.

"Pilihlah model dan warna yang versatile, ini dapat mempermudah untuk dipadu padankan dengan outfit lain yang sudah ada, misalnya warna yang netral," ucapnya.

Fhenny menyebutkan beberapa pakaian dan perlengkapan menyusui yang wajib dimiliki oleh ibu aktif, antara lain:

1. Inner menyusui

Inner atau manset menyusui dapat dipadu padankan dengan blazer atau pakaian kerja lainnya tanpa mengganggu kenyamanan ibu ketika bekerja.

Pilih juga bahan yang nyaman untuk digunakan. Inner dari Monomom, misalnya, menggunakan katun bambu yang nyaman dan adem sehingga baik untuk kulit ibu maupun pipi bayi ketika menyusui.

Gunakan pakaian yang longgar agar ibu tetap aktif dalam berkegiatan.

Bra menyusui biasanya juga memiliki bukaan yang memudahkan saat hendak menyusui.

Bra menyusui dari Monomom, misalnya, dilengkapi dengan jahitan karet pada bagian depan tengah untuk memberikan dukungan agar payudara tidak jatuh dan membuat payudara tetap terlihat kencang.

Bahan katun premium dan microfiber yang lembut dan fleksibel dari bra menyusui ini mampu menyerap keringat maupun cairan asi dengan baik.

Karena tanpa kawat, bra ini juga nyaman digunakan sepanjang hari.

Memilih nursing cover dengan kantung juga dapat memudahkan ibu ketika hendak melipat dan menyimpannya dengan rapi setelah digunakan.

Salah satunya adalah Olive Maternity Dress dari Monomom yang memiliki aksen kerah V dan kerutan di bagian pinggang yang bisa disesuaikan.

Bukaan kanan kiri pada dress ini tersembunyi sehingga bisa juga digunakan saat hamil, bahkan setelah selesai masa menyusui.

5. Cooler bag

Cooler bag adalah perlengkapan penting yang wajib dimiliki ibu menyusui untuk menyimpan kantong asi yang dapat dibawa saat ke kantor atau ke mana saja supaya asi tetap dalam keadaan yang baik.

Disarankan memilih cooler bag yang menggunakan insulator pada bagian dalamnya sehingga dapat menjaga suhu dan kualitas asi.

Cara merawat pakaian menyusui

Terakhir, cara merawat dan menjaga baju menyusui juga perlu diperhatikan agar pakaian lebih awet dan tahan lama.

Salah satu caranya adalah mencucinya dengan tangan atau mesin cuci dengan air dingin supaya bahan tidak mengkerut.

Akan lebih baik juga untuk memisahkan baju berwarna dan baju putih agar tidak terkena luntur.

Selain itu, tutup rapat ritsleting baju menyusui agar tidak rusak saat dicuci menggunakan mesin.

Jika mencuci bra yang diletakkan dalam kantong jala, jangan lupa untuk mengaitkannya agar tidak tersangkut dengan pakaian lain.

Saat menyetrika pastikan mengatur suhu sesuai dengan jenis bahan pakaian tersebut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/18/153500620/5-pakaian-dan-perlengkapan-menyusui-yang-wajib-dimiliki-ibu-aktif

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.