Kompas.com - 15/07/2021, 09:48 WIB
Ilustrasi anak shutterstockIlustrasi anak
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Pertumbuhan dan perkembangan seorang anak adalah hal yang sangat penting, baik bagi para orangtua maupun tenaga pendidik.

Agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik, orangtua dan pendidik pun berusaha melatih anak agar menguasai berbagai keterampilan dasar. Salah satunya, cara menulis dan menyerap informasi.

Nah, di era digital ini, banyak orangtua mengandalkan perangkat dan aplikasi untuk membantu anak-anak mereka belajar. Namun ternyata, cara terbaik untuk mengajarkan anak untuk menyerap informasi malah sedikit lebih kuno.

Ya, dengan menulisnya di atas kertas, bukan mengetik.

Menurut Study Finds, tulisan tangan dapat membuat pemahaman anak lebih baik jika dibandingkan dengan mengetik atau menonton video.

Temuan ini didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Hopkins University yang menyebutkan bahwa tulisan tangan dapat menjadi cara cepat dan efektif bagi anak untuk mempelajari beberapa keterampilan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa orangtua dan guru mungkin bertanya-tanya mengapa tulisan tangan sangat penting ketika belajar, padahal menonton video online lebih praktis dam cepat.

Rupanya para peneliti menemukan bahwa tulisan tangan memiliki manfaat lebih dari sekedar membaca dan mengeja.

Baca juga: Rajin Menulis dengan Tangan Bikin Otak Tambah Cerdas

Dalam penelitian, para peneliti mengamati 42 peserta dengan tujuan untuk mempelajari abjad Arab. Mereka memisahkan para peserta ke dalam tiga kelompok, kelompo dengan kertas dan pena, kelompok mengetik, dan kelompok menonton video.

Setelah seluruh peserta melihat huruf Arab dalam video pendek, mereka harus menyelesaikan tes penilaian kecil.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.