Kompas.com - 24/07/2021, 20:17 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Kondisi ini membuat pasangan Raisa dan Hamish Daud berupaya melindungi kesehatan buah hati mereka, Zalina, yang kini berusia 2.5 tahun.

Raisa mengatakan, karena masih usia balita Zalina belum banyak mengerti tentang pandemi Covid-19, namun ia berusaha menjelaskannya dengan bahasa yang sesuai dengan usia anak.

“Memang susah menjelaskan tentang Covid, tetapi pelan-pelan kita ajarkan. Di usia ini kan masanya dia meniru, jadi yang terbaik itu memang kita contohkan, misalnya kita pakai masker, dia juga ikut pakai,” kata Raisa dalam acara IG Live yang diadakan oleh aplikasi Good Doctor (24/7/2021).

Hamish mengatakan, usia Zalina memang terlalu muda untuk diajarkan tentang pandemi, tetapi putrinya itu mulai mengikuti menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga: Sejak Jadi Orangtua, Raisa dan Hamish Daud Fokus dengan Kesehatan

“Mungkin bagi orang lain berat menjalankan prokes, namun kita bikin fun, jadi dia juga suka pakai masker. Hygene stuff juga kita ajarkan,” ujar Hamish dalam acara yang sama.

Walau pandemi membatasi ruang gerak banyak orang dan mengharuskan beraktivitas di rumah, pasangan Raisa dan Hamish justru bersyukur karena punya banyak waktu untuk keluarga.

“Ada untungnya banget karena Zalina masih kecil, pusat kehidupan dia masih orangtuanya, jadi kita maksimalkan family time,” tutur Raisa.

Pasangan yang tinggal di Pulau Bali tersebut juga memperbanyak kegiatan outdoor seperti ke pantai atau bermain di halaman rumah.

Baca juga: Raisa Bongkar Proses Kreatif di Balik Pembuatan Album Its Personal

Raisa yang tengah mengabadikan foto bersama Hamish Daud dan ZalinaInstagram @raisa6690 Raisa yang tengah mengabadikan foto bersama Hamish Daud dan Zalina

“Setiap ada kesempatan saya selalu ajak dia ke laut, jalan-jalan di rumput, main air. Zalina belum bisa berenang, tapi dia percaya sama aku, pegang punggungku dan kita berenang,” imbuh pria yang suka olahraga air ini.

Raisa menjelaskan, cara paling baik untuk menjaga kesehatan anak adalah orangtua lebih dulu harus sehat secara mental dan fisik.

Untuk memastikan tumbuh kembang buah hatinya, ia pun tetap berkonsultasi dengan dokter lewat layanan telemedicine.

“Aku dan Hamish selalu berkonsultasi dengan dokter anak atau dokter gizi untuk memastikan tumbuh kembang anak berjalan baik selama pandemi. Melalui aplikasi Good Doctor, berkonsultasi dengan para dokter menjadi mudah,” ujarnya.

Baca juga: Seperti Raisa, Ini Alasan untuk Tak Tampilkan Wajah Anak di Medsos

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.