Kompas.com - 26/08/2021, 15:49 WIB
Lucas, member NCT U,  WayV, dan SuperM. Instagram Lucas Lucas, member NCT U, WayV, dan SuperM.

KOMPAS.com - Dunia Kpop diguncang isu soal skandal kekerasan mental yang dilakukan oleh Lucas, anggota WayV.

Bintang yang sedang naik daun itu dituding melakukan gaslighting kepada sejumlah perempuan, termasuk mantan kekasihanya.

Hal tersebut dilakukannya dengan kerap meminta dibelikan rokok, pakaian mahal, dan membayarkan hotel. Namun, idol SM Entertainment ini disebut tetap tidak setia dan malah berselingkuh meskipun semua keinginannya telah dipenuhi.

Tidak ada konfirmasi jelas soal tuduhan ini, tetapi pria berusia 22 tahun dan label yang menaunginya telah menyatakan permintaan maaf secara terbuka.

Baca juga: Buntut Skandal Gaslighting, Lucas WayV Minta Maaf, Tim Fansite Terbesar di China Putuskan Mundur

Gaslighting memang jenis kekerasan mental yang kerap terjadi di dalam hubungan antarmanusia, termasuk percintaan. Perilaku ini berupa taktik manipulatif yang erat kaitannya dengan relasi kuasa.

Dalam hubungan percintaan yang seharusnya individu yang terlibat setara, hal ini jelas tidak dibenarkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jeremy Bergen, psikoterapis di Chicago, mengatakan, gaslighting adalah pelecehan emosional yang berbahaya karena menyebabkan seseorang mempertanyakan dirinya sehingga sulit untuk mengidentifikasi tanda-tanda peringatan.

"Ini adalah taktik yang digunakan satu pasangan dalam upaya untuk mengerahkan kekuasaan, mendapatkan kendali atas, dan menimbulkan kerusakan emosional pada yang lain," terang pakar dalam soal konseling individu, keluarga, dan pasangan ini.

Kecenderungannya, perilaku ini memicu terbentuknya hubungan personal yang tidak sehat alias toxic relationship. Jenis kekerasan ini bisa berkembang pada pola negatif lainnya, termasuk kekerasan fisik, seksual, ataupun gender.

Baca juga: Kalimat Gaslighting yang Sering Tidak Disadari, Hati-hati

Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang melakukan gaslighting pada pasangannya.

Halaman:


Sumber Brides
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.