Kompas.com - 01/11/2021, 20:44 WIB

KOMPAS.com - Viral sebuah video di media sosial TikTok tentang kucing yang terlihat "mabuk" ketika diberi tanaman catnip.

Rupanya, ada banyak orang yang melihat hal serupa pada kucing peliharaannya, seperti dalam video viral tersebut.

Lalu, apa itu catnip? Mengapa kucing begitu menyukainya?

Baca juga: Viral Video Tanaman yang Disebut Bikin Kucing Sakau, Berbahayakah?

Apa itu catnip?

Catnip adalah tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia dan memiliki nama latin Napeta cataria. Penelitian menunjukkan bahwa kucing besar dan kecil menyukai tanaman dari keluarga mint ini.PIXABAY/R E BECK Catnip adalah tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia dan memiliki nama latin Napeta cataria. Penelitian menunjukkan bahwa kucing besar dan kecil menyukai tanaman dari keluarga mint ini.
Catnip adalah tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia dan memiliki nama latin Napeta cataria.

Menurut WebMD, penelitian menunjukkan bahwa kucing besar dan kecil menyukai tanaman dari keluarga mint ini. Selain kucing, hewan lainnya yang menyukai catnip yaitu singa, harimau, dan macan kumbang.

Hal yang membuat kucing terpikat dengan catnip adalah minyak atsirinya, khususnya satu bahan kimia dalam minyak itu, yakni nepetalactone.

Menurut PetMD, catnip meniru hormon seks kucing, sehingga kucing yang menghirup zat ini sering kali menunjukkan perilaku yang mirip dengan kucing betina yang sedang berahi, meskipun efeknya bisa ditunjukkan baik oleh kucing jantan maupun betina.

Nepetalactone ditemukan di daun, batang, dan biji catnip. Cukup satu atau dua hirupan saja hingga kucing benar-benar tampak "mabuk", seperti menjilati, berguling-guling, dan bahkan mengunyahnya dengan bahagia. Bagi kebanyakan kucing, efek tersebut akan bertahan sekitar 10 menit.

Meski sebagian kucing terlihat menjadi begitu agresif, sebagian kucing mungkin merespons catnip dengan perilaku yang lebih lembut dan tenang.

Bagi kucing yang punya pengalaman dengan catnip, tanamam ini bahkan dapat membantu mengurangi kecemasan dan menghilangkan rasa sakit.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber WebMD,PetMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.