Kompas.com - 16/11/2021, 08:56 WIB
Sepatu UltraBOOST DNA City Pack yang didesain oleh desainer grafis dari Malaysia, Jaemy Choong, menyebut wayang kulit adalah bagian dari identitas dan warisan budaya Malaysia. Hal ini membuat warganet Indonesia geram. TANGKAP LAYAR @adidassgSepatu UltraBOOST DNA City Pack yang didesain oleh desainer grafis dari Malaysia, Jaemy Choong, menyebut wayang kulit adalah bagian dari identitas dan warisan budaya Malaysia. Hal ini membuat warganet Indonesia geram.

KOMPAS.com - Adidas merilis koleksi sepatu UltraBOOST DNA City Pack pada 11 November 2021 lalu. Koleksi sepatu tersebut berkolaborasi dengan sejumlah individu kreatif dari Asia Tenggara.

Namun, salah satu desain sepatu yang dikeluarkan ternyata mengundang kecaman dari sejumlah netizen Indonesia.

Hal itu lantaran sepatu yang didesain oleh desainer grafis dari Malaysia, Jaemy Choong, menyebut wayang kulit adalah bagian dari identitas dan warisan budaya Malaysia.

"Wayang Kulit atau yang juga dikenal sebagai Shadow Puppetery, merupakan salah satu bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia."

"Untuk menghormati tradisi ini, Jaemy Choong, seorang desainer grafis dari Malaysia memadukan unsur Wayang Kulit dengan palet warna yang modern. CITY PACK dari Malaysia ini menghadirkan pendekatan "old-meets-new"," demikian keterangan tertulis adidas.

Hal ini langsung menjadi perbincangan di kalangan warganet. Unggahan akun Instagram @adidasag (adidas Singapura) tentang sepatu tersebut, misalnya, langsung dibanjiri komentar netizen Indonesia yang kecewa dengan klaim tersebut.

Hingga berita ini ditulis, foto tersebut sudah dikomentari lebih dari 20.400 kali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain adidas Singapura, warganet Indonesia juga menyerbu akun adidas yang lain, seperti adidas Filipina (@adidasph).

"Wayang is Indonesian culture!" tulis seorang netizen dalam kolom komentar @adidassg.

"WAYANG ITU BUDAYA INDONESIA!!!!" tulis netizen lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.