Kompas.com - 30/11/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi menggigit kuku AndreyPopovIlustrasi menggigit kuku
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tanpa disadari kita cenderung melakukan kebiasaan yang perlahan-lahan dapat merusak dan menghancurkan pikiran, tubuh, serta tingkat emosional kita.

Kebiasaan ini juga sangat berbahaya karena bisa mengancam gaya hidup kita dan mengubahnya menjadi lebih buruk, sehingga mampu menimbulkan risiko yang potensial terhadap emosi, pikiran, dan pendapat yang kita sampaikan

Nah, untuk menghindarinya, kita perlu mengetahui beberapa kebiasaan berbahaya yang dapat merusak kepribadian kita, seperti berikut ini.

1. Menggigit kuku

Meski tampaknya sederhana, kebiasaan menggigit kuku dapat membuat kuku kita menjadi lebih pendek, tidak higienis, dan berubah bentuk.

Ini adalah kebiasaan yang sangat buruk karena orang cenderung menggigit kuku mereka secara berlebihan saat cemas atau menunggu sesuatu.

Kecemasan seseorang bisa meningkat karena kebiasaan ini. Selain itu, orang lain juga bisa merasa kesal ketika mereka menemukan kita menggigit kuku terus-menerus.

2. Dikelilingi oleh kritik

Bergaul dengan orang-orang yang secara halus atau terang-terangan mengkritik kita adalah sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan. 

Orang-orang yang memiliki opini negatif tentang semua yang kita katakan dan lainnya itu tidak membantu kita untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.