Kompas.com - 18/03/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Sepatu tidak sekadar dirancang dengan desain ciamik untuk mempercantik estetikanya.

Sebab, beberapa sepatu sengaja dibuat khusus untuk merayakan momen atau tokoh penting yang bersejarah.

Misalnya saja Nike, pabrikan sepatu asal Oregon, Amerika Serikat ini membuat sepatu berpotongan rendah untuk menghormati Jackie Robinson.

Baca juga: Nike Dunk Low University Red, Sneaker Unik dari Bahan Daur Ulang

Ia bukanlah sosok sembarangan, sebab kiprahnya begitu fenomenal dalam meruntuhkan penghalang rasial di Major League Baseball (MLB) -liga bisbol AS.

Sedikit flashback, pada tahun 1947 Jackie Robinson menjadi pemain kulit hitam pertama MLB ketika ia bergabung dengan Brooklyn Dodgers.

Pada 10 April 1947, Robinson menandatangani kontrak pertamanya dan lima hari kemudian, ia mencetak sejarah sebagai pemain bisbol yang mendobrak batasan warna dalam olahraga ini.

Tanggal 15 April menjadi peringatan untuk debutnya dan Nike ingin menghormati sosoknya dengan sepatu Dunk Low "Jackie Robinson".

Baca juga: Sepatu Langka Nike, Dunk Low SB Paris Terjual Seharga Rp 1,9 Miliar

Sepatu tersebut dirancang dengan perpaduan warna biru dan cream, angka 42 (nomor punggung Jackie Robinson) di bagian tumit, dan gaya jahitan pada tali sepatu yang spesial.

Warna biru tampak membalut sisi toe, lace guard, tumit, collar, termasuk logo "Swoosh". Sementara warna cream menghiasi sisi middle dan toe box.

Dunk Low "Jackie Robinson" juga dibekali dengan midsole berwarna putih, outsole berwarna hitam, dan logo "Swoosh" di toe box-nya.

Tapi, bukan itu saja yang membuat Dunk Low "Jackie Robinson" terlihat spesial. Sebab, Nike memberikan untaian kata yang muncul pada overlay sebagai insole.

Baca juga: Gundam X Nike SB Dunk High “Banshee” Bakal Dirilis, Seperti Apa?

Nike juga menambahkan logo “75 Years Breaking Barriers" di bagian tongue sepatu tersebut.

Meskipun tanggal rilis Dunk Low "Jackie Robinson" belum diketahui, diperkirakan Nike akan menjualnya pada 15 April mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.