Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nike Bikin Dunk Low Spesial Rayakan 75 Tahun Debut Jackie Robinson, Siapa Dia?

Kompas.com - 18/03/2022, 14:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sepatu tidak sekadar dirancang dengan desain ciamik untuk mempercantik estetikanya.

Sebab, beberapa sepatu sengaja dibuat khusus untuk merayakan momen atau tokoh penting yang bersejarah.

Misalnya saja Nike, pabrikan sepatu asal Oregon, Amerika Serikat ini membuat sepatu berpotongan rendah untuk menghormati Jackie Robinson.

Baca juga: Nike Dunk Low University Red, Sneaker Unik dari Bahan Daur Ulang

Ia bukanlah sosok sembarangan, sebab kiprahnya begitu fenomenal dalam meruntuhkan penghalang rasial di Major League Baseball (MLB) -liga bisbol AS.

Sedikit flashback, pada tahun 1947 Jackie Robinson menjadi pemain kulit hitam pertama MLB ketika ia bergabung dengan Brooklyn Dodgers.

Pada 10 April 1947, Robinson menandatangani kontrak pertamanya dan lima hari kemudian, ia mencetak sejarah sebagai pemain bisbol yang mendobrak batasan warna dalam olahraga ini.

Tanggal 15 April menjadi peringatan untuk debutnya dan Nike ingin menghormati sosoknya dengan sepatu Dunk Low "Jackie Robinson".

Baca juga: Sepatu Langka Nike, Dunk Low SB Paris Terjual Seharga Rp 1,9 Miliar

Sepatu tersebut dirancang dengan perpaduan warna biru dan cream, angka 42 (nomor punggung Jackie Robinson) di bagian tumit, dan gaya jahitan pada tali sepatu yang spesial.

Warna biru tampak membalut sisi toe, lace guard, tumit, collar, termasuk logo "Swoosh". Sementara warna cream menghiasi sisi middle dan toe box.

Dunk Low "Jackie Robinson" juga dibekali dengan midsole berwarna putih, outsole berwarna hitam, dan logo "Swoosh" di toe box-nya.

Tapi, bukan itu saja yang membuat Dunk Low "Jackie Robinson" terlihat spesial. Sebab, Nike memberikan untaian kata yang muncul pada overlay sebagai insole.

Baca juga: Gundam X Nike SB Dunk High “Banshee” Bakal Dirilis, Seperti Apa?

Nike juga menambahkan logo “75 Years Breaking Barriers" di bagian tongue sepatu tersebut.

Meskipun tanggal rilis Dunk Low "Jackie Robinson" belum diketahui, diperkirakan Nike akan menjualnya pada 15 April mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com