Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2023, 14:25 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Orang yang selingkuh dari pasangannya mempunyai risiko tinggi terkena penyakit kelamin ketimbang pasangan yang menerapkan open relationship.

Hal itu sudah dibuktikan melalui sebuah studi pada tahun 2013 yang menemukan fakta terkait faktor risiko penyakit kelamin di dalam sebuah hubungan monogami atau pernikahan.

Berdasarkan hasil studi itu, mereka yang suka selingkuh cenderung melakukan hubungan seks yang tidak aman dan akibatnya risiko penyakit kelamin pun akan lebih tinggi.

Di dalam penelitian, para peneliti meninjau orang-orang yang terlibat dalam hubungan monogami yang kemudian selingkuh.

Sebagian besar dari mereka kecil kemungkinannya untuk menggunakan kondom dan tidak menyadari akan penularan penyakit menular seksual (PMS) dibandingkan orang yang menerapkan open relationship.

Bahkan hasil studi menunjukkan mereka yang tidak setia juga memiliki risiko tinggi menularkannya kepada pasangan yang resmi.

Bagi yang belum familiar dengan open relationship, hubungan semacam ini biasanya melibatkan pasangan resmi yang mengizinkan pasangannya untuk menjalin hubungan dengan orang lain karena berbagai alasan.

Mungkin di Indonesia open relationship masih sangat tabu dibahas karena sangat bertentangan dengan norma yang berlaku, termasuk -tentu saja, agama.

Tapi pada kenyataannya, orang-orang melakukan open relationship dilakukan atas persetujuan bersama sehingga mungkin tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Tetapi dalam hubungan yang sah, perselingkuhan juga tidak bisa dibenarkan. Risiko mereka tertular penyakit kelamin juga jauh lebih tinggi menurut studi.

Baca juga: 9 Alasan Perempuan Bertahan dengan Pasangan yang Terbukti Selingkuh 

Temuan dalam riset

Ilustrasi penyakit kelaminYour Fertility Ilustrasi penyakit kelamin

Terri Conley, dari Departemen Psikologi di Universitas of Michigan dan tim peneliti lainnya mengumpulkan data dari 308 orang dalam hubungan monogami, dan 493 orang yang menerapkan open relationship.

Semua peserta pada dua kelompok ini ditinjau intensitas berhubungan seks di luar hubungan mereka yang sah.

Kemudian diajukan pertanyaan lagi seputar praktik seks aman bersama pasangan mereka di luar hubungan yang resmi.

Hasilnya dapat disimpulkan bahwa 48 persen orang yang selingkuh lebih jarang menggunakan kondom daripada mereka yang ada dalam open relationship.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com