Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Bahasa Tubuh yang Menandakan Seseorang Tertarik padamu

Kompas.com - 14/05/2024, 08:22 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah orang yang kamu taksir juga tertarik padamu? Terlalu dini menganggap seseorang menyukai kita alias ge-er, bisa berujung malu, sedangkan tidak menyadarinya bisa membuat kita berisiko kehilangan calon kekasih. 

Banyak orang biasanya terjebak dalam menganalisis secara berlebihan hal-hal yang dikatakan si dia, dan mencoba mencari tahu apakah mereka diam-diam juga menyukaimu. Namun selain membaca yang tersirat, ingatlah bahwa tindakan terkadang merupakan tanda yang lebih kuat daripada kata-kata. 

Meski kita tidak menyadarinya, cara kita berperilaku bisa berubah secara halus ketika kita berada di dekat seseorang yang kita sukai. 

Jika kamu penasaran, berikut 10 tanda seseorang menyukai atau tertarik padamu lewat bahas tubuhnya.

Tanda seseorang tertarik padamu

1. Dia memandang bagian-bagian wajahmu

Cara seseorang memandangmu dapat menunjukkan tingkat ketertarikannya. Dalam video TikTok yang viral, Kim Chronister, PsyD, seorang psikolog klinis yang bekerja di Beverly Hills, California, mengatakan bahwa salah satu tanda utama seseorang tertarik padamu adalah ketika matanya mengamati seluruh wajahmu.

Menurut Chronister, orang yang menganggapmu sebagai teman biasanya hanya akan memandang mata saat kamu berbicara dengannya.

“Tetapi jika dia menyukaimu, maka dia cenderung mengamati seluruh bagan wajahmu,” jelasnya. "Dia akan memandangi matamu, bibirmu, rambutmu, secara berganti-ganti."

Baca juga: Tanda Seseorang Tertarik padamu lewat Pesan yang Dikirimnya

2. Dia akan semakin mendekat secara fisik 

Jika kamu ingin tahu apakah seseorang tertarik padamu, perhatikan seberapa dekat jaraknya denganmu saat duduk atau berdiri. 

Jess O'Reilly, PhD, seorang seksolog dan pakar hubungan yang bekerja dengan Astroglide, mengatakan bahwa kebanyakan orang cenderung memperkecil jarak antara dirinya dan orang yang disukainya.

“Saat kamu tertarik, kamu mungkin mendapati dirimu berperilaku tidak terduga,” dia berbagi. "Bisa jadi kamu secara tidak sadar mendekat dan mencondongkan tubuh ke arah seseorang yang membuatmu tertarik"

Pada saat yang sama, kamu juga dapat mengukur apakah orang itu juga tertarik kepadamu dengan melihat responsnya terhadap kamu yang mendekat.

"Ketika seseorang membiarkanmu dekat dengan zona intimnya, ini hampir merupakan jaminan bahwa mereka tertarik kepadamu," kata Rodney Simmons, pakar hubungan dan penulis di Tiny Changes Matter. "Jika mereka membiarkanmu  mendekat ke wajahnya atau bersandar di dekat zona intimnya, itu lampu hijau untukmu."

3. Dia sering tersenyum padamu

Orang-orang berpura-pura tersenyum karena berbagai alasan, apakah mereka hanya bersikap sopan atau merasa tidak nyaman. 

Namun Kerry Lauders, petugas kesehatan mental di Startups Anonymous, mengatakan bahwa tindakan sederhana tersenyum juga merupakan salah satu bahasa tubuh yang paling umum dianggap sebagai tanda ketertarikan. Dan biasanya mudah untuk mengetahui apakah senyuman itu tulus atau tidak.

“Bahasa tubuh adalah cara berkomunikasi yang sangat mendasar, sehingga sulit untuk dipalsukan,” jelas Lauders.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com