Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2024, 09:48 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mungkin kita semua tahu bahwa orang suka pada mereka yang selalu tersenyum, bersikap sopan, mendengarkan dan fokus ketika diajak berbicara, dan tertawa atas candaan.

Melakukan hal tersebut akan membuat orang lain beranggapan bahwa kita ramah dan sopan, tetapi belum membangun hubungan yang membuat mereka lebih tertarik padamu.

Dreeke Robin, Kepala Program Analisis Perilaku FBI yang telah bekerja selama 27 tahun dan ahli dalam hubungan antarpersonal, menjelaskan apa yang membuat orang lain menyukai kita.

Nah, untuk membuat orang lain agar menyukai kita ketika berinteraksi dengan mereka, berikut adalah tipsnya menurut Robin.

Cara agar orang menyukai kamu

1. Tidak menghakimi orang lain

Pesan utama yang diberikan Robin adalah dengan tidak menghakimi orang lain dan tetap menghargai lawan bicara. Tidak ada yang suka merasa dihakimi, apalagi oleh seseorang yang baru pertama kali dikenal.

“Berikan pendapat dan saran pada orang lain tanpa menghakimi mereka. Orang tidak ingin dihakimi dalam setiap pemikiran atau pendapat yang mereka sampaikan atau dalam setiap tindakan yang mereka lakukan,” kata Robin.

Ia juga memberikan saran bagaimana cara kita bertindak agar orang lain merasa diterima dengan baik, yakni dengan cara menunjukkan minat pada setiap obrolan dan berusaha lebih mengenalnya.

“Penting bagi kita untuk mengetahui dari mana mereka berasal untuk memahami budayanya, menunjukkan ketertarikan saat mereka sedang berbicara, dan mendengarkan mereka bercerita tentang dirinya tanpa menginterupsi,” lanjutnya.

Robin juga menyatakan setiap orang ingin diakui, dengan cara tersebut bisa meningkatkan peluang orang lain umtuk menyukai kita.

Baca juga: Tips Menjadi Orang yang Paling Disukai di Kantor

2. Tidak bersikap egois

Sebagian besar dari kita memiliki ego yang bisa membuat teman–teman menjauh, dan orang lain jadi tidak meyukai kita. Selain itu, ego yang besar akan merusak hubungan yang sudah kita bangun dari awal.

Suka mengungkit kesalahan orang lain, selalu ingin mengoreksi, atau bahkan sampai membual bahwa dirimu lebih baik dari mereka akan menjadikan orang sebal. Sifat ini akan menghilangkan peluang orang lain untuk bisa nyaman dan menyukai kita.

”Singkirkan egomu dengan cara tidak hanya fokus pada kebutuhan, keinginan, atau pendapat kamu sendiri, dan jangan ikuti egomu untuk mengomentari kesalahan orang lain,” ucap Robin.

Menurutnya, untuk membangun hubungan yang baik, kita harus bisa mengendapkan ego kita dulu. Artinya, kita harus bisa menahan diri saat memberi pendapat seolah kita yang paling benar.

Kalau ego kita terlalu besar, orang biasanya tidak senang karena tidak diberi ruang menyampaikan pendapatnya. Nah, kalo kita bisa meninggalkan ego itu sejenak, orang bakal lebih merasa nyaman dan jadi lebih terbuka.

3. Menjadi pendengar yang baik

Ini merupakan cara yang paling simpel agar orang lain menyukai kita. Jika biasanya kita acuh saat orang lain bercerita, cobalah untuk fokus mendengarkan apa yang mereka katakan, dan respon hal tersebut dengan ceria.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com