Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Detail Jaket Varsity “Krigan”, Kolaborasi Rawtype Riot dengan Timnas Indonesia

Kompas.com - 15/06/2024, 18:18 WIB
Devi Pattricia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Rawtype Riot, salah satu merek fesyen lokal asal Bandung yang identik dengan jaket varsitynya kembali membuat gebrakan baru.

Sebab, belum lama ini Rawtype Riot menggandeng Timnas Indonesia dan Urban Sneaker Society (USS) dalam produk jaket varsity terbarunya.

Karya jaket kolaborasi tersebut diberi nama “Krigan”. Dalam Bahasa Sansekerta, “Krigan” memiliki arti gotong royong.

Salah satu owner Rawtype Riot, Kosasih Lukeyan Depu menjelaskan bahwa terdapat filosofi yang mendalam di balik desain jaket varsity kolaborasi dengan Timnas Indonesia dan USS.

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Jaket Kulit agar Lebih Awet

Filosofi dari desain jaket varsity “Krigan”

Kosasih mengungkap bahwa peluncuran jaket varsity “Krigan” bukan hanya sekadar pakaian atau item fesyen semata. Akan tetapi jaket ini juga menjadi simbol kebersamaan dan semangat perjuangan para Garuda Muda. 

Hal tersebut selaras dengan makna dibalik kata “Krigan” yang menjadi nama dari koleksi jaket varsity ini.

“Jaket ini mencerminkan semangat para pemain Timnas yang berjuang di lapangan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia,” jelas Kosasih saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/6/2024).

Jaket varsity ini memiliki tiga warna utama yaitu merah, putih, dan hijau. Terdapat lambang Garuda Pancasila yang tampak perkasa di bagian belakang jaket tersebut.

Ternyata lambang Garuda Pancasila juga ada di bagian depan, tepatnya di dada sebelah kanan. Adapun tulisan “Garuda Nusantara” dan tagar “#KitaGaruda menghiasi bagian atas dan bahwa lambang Garuda Pancasila.

Kosasih menyebutkan lambang Garuda Pancasila menjadi representasi dari semangat para pendukung Timnas Indonesia yang begitu besar.

“Lambang Garuda Pancasila dengan seluruh simbol di cengkeramannya menggambarkan semangat bangsa Indonesia yang selalu siap mendukung perjuangan pasukan Merah-Putih,” ujarnya.

Tak cuma itu, di bagian lengan kanannya terdapat tulisan “Timnas Indonesia” yang dihiasi oleh gambar padi.

Baca juga: Kisah di Balik Jaket Rp 2,3 Juta, Kolaborasi Dewa 19 X Rawtype Riot

Detail bahan dan teknik yang digunakan 

Sementara itu, untuk bahan yang digunakan dalam jaket varsity “Krigan” ini yaitu kain katun fleece dengan gramasi 280 atau 300. Menurut Kosasih, keseluruhan desain dan gambarnya menggunakan teknik sulam menggunakan mesin.

“Gambar dan desain keseluruhan itu kami full embroidery aplikasi. Tapi untuk tulisan INDONESIA pada bagian belakang kami menggunakan jenis towel embroidery,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kosasih menyatakan khusus di bagian tulisan Rawtype Riot yang disingkat menjadi “RTR” dan “USS” ini menggunakan teknik jahit chain stitch.

Umumnya teknik jahit ini memakai dua buah benang yang akan saling mengunci. Teknik ini juga banyak digunakan pada bahan dasar jeans yang tebal, agar lebih kokoh. 

Bagian dalam jaket varsity “Krigan” ini juga memiliki bahan dalaman yang melapisinya, salah satunya bahan dakron untuk menambah volume jaket varsity. 

“Dan untuk tulisan USS dan RTR kami gunakan chain stitch technical. Sedangkan bahan untuk bagian inner kami menggunakan quilting yang bermotifkan diamond yang sudah dilapisi dakron dengan ketebalan 2oz,” pungkasnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com