Jalan Cepat Bisa Tekan Hasrat "Ngemil" - Kompas.com

Jalan Cepat Bisa Tekan Hasrat "Ngemil"

Kompas.com - 13/12/2011, 16:31 WIB

KOMPAS.com — Meski yang diasup adalah "makanan ringan", ternyata kebiasaan ngemil bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Menghapus kebiasaan ini memang tak mudah, tetapi kini ada cara sederhana untuk mengurangi hasrat mengemil.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Exeter terungkap, mereka yang melakukan olahraga jalan cepat berhasil mengurangi keinginan untuk ngemil sampai setengahnya.

Penelitian dilakukan terhadap 78  orang pencinta cokelat. Mereka dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta melakukan olahraga jalan cepat di atas treadmill selama 15 menit setiap hari dan sisanya sebagai kelompok kontrol.

Kemudian para partisipan diberikan pekerjaan yang bersifat stres tinggi dan yang kadar stresnya rendah. Para peneliti kemudian menawarkan pada seluruh partisipan tersebut sekotak cokelat untuk diasup di sela-sela waktu bekerja.

Ternyata orang yang berasal dari kelompok olahraga jalan cepat hanya mengasup cokelat jauh lebih sedikit dibandingkan dengan rekannya. Sebagai perbandingan, kelompok pertama hanya mengasup 1 ounce, sedangkan kelompok kontrol mengonsumsi 5 ounce.

Menurut ketua peneliti, Adrian Taylor, profesor kesehatan psikologi, olahraga jalan cepat akan meningkatkan produksi hormon endorfin di otak. Hormon ini berperan penting dalam menekan nafsu makan. Itu sebabnya para partisipan yang berolahraga jalan cepat kurang bernafsu lagi mengonsumsi cokelat.

EditorAsep Candra

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM