Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2024, 19:09 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Setiap orang pasti menua. Namun, hal yang tidak diinginkan oleh banyak orang adalah kesan tua yang timbul akibat pola hidup.

Misalnya, gaya hidup tidak sehat yang membuat postur tubuh dan kesehatan kulit menjadi kurang baik, sehingga memberi kesan lebih tua.

Hal lainnya adalah kesalahan pengaplikasian riasan wajah alias makeup. Kedengarannya mungkin sepele, tetapi ada beberapa kesalahan kecil saat menggunakan makeup yang membuat kita terkesan lebih tua, seperti dilansir dari Reader's Digest.

Baca juga: 5 Fungsi Setting Spray, Tak Cuma Bikin Makeup Awet

Kebiasaan makeup yang bikin tampak lebih tua

1. Salah pilih foundation

Memilih alas bedak yang salah bukannya membuat tampilan wajah lebih flawless justru akan menyoroti garis-garis halus dan kerutan.

Pada tingkat tertentu, kecocokan foundation tergantung pada jenis kulit kita. Kendati demikian, secara umum hindari formula yang sangat kental karena mungkin bukan alas bedak terbaik jika kita ingin menghasilkan tampilan riasan yang tampak lebih muda.

Sebab, formula yang lebih tebal bisa mengendap pada garis-garis halus dan malah menarik perhatian.

Baca juga: Apa Perbedaan Cushion dan Foundation?

Sebagai gantinya, kita bisa memilih foundation dengan kandungan serum yang menambah hidrasi pada kulit. Lebih baik lagi jika foundation tersebut mengandung Sun Protection Factor (SPF) yang memberikan perlindungan ekstra dari paparan sinar ultraviolet.

“Foundation ini cenderung lebih ringan di kulit dan lebih halus," ujar makeup artist berbasis di Atlanta AS, Shikha Arya.

2. Salah metode pengaplikasian

Menggunakan jari-jari untuk mengaplikasikan riasan memang praktis dan bisa dilakukan untuk berbagai produk, mulai dari alas bedak dan concealer.

Meskipun praktis, jari kita bukanlah alat rias yang optimal, terutama jika kita sudah cukup berumur.

Sebab, jari-jari yang kotor tidak hanya dapat memindahkan bakteri ke kulit yang bersih, tetapi juga memberikan tarikan pada kuli, menjadikannya lebih kendur seiring waktu.

Sebagai gantinya, gunakan spons rias yang lembap untuk membaurkan alas bedak, concealer dan perona pipi.

Selain itu, penggunaan aplikator tersebut juga membantu kita untuk tidak membuang-buang produk.

Baca juga: 9 Rekomendasi Blush On Lokal Untuk Tampilan Natural 

Di sela penggunaan, simpan spons di dalam wadah silikon berventilasi untuk mencegahnya terkena kotoran di dalam tas rias. Ventilasi juga membantu spons basah mengering di sela-sela penggunaan, yang mencegah bakteri berkembang biak.

3. Pakai bedak terlalu banyak

Banyak orang ingin praktis, sehingga hanya mau menggunakanbedak tabur.

Padahal, terlalu banyak menggunakannya malah akan sia-sia.

Menurut makeup artist selebritas Katie Jane Hughes, menggunakan terlalu banyak bedak dapat memperjelas kekurangan pada kulit wajah dan membuatnya tampak lebih tua.

Hal ini dikarenakan bedak dapat membuat kulit tampak kering, kusam, dan memiliki kecenderungan untuk mengendap pada garis-garis di wajah.

Sebagai gantinya, celupkan kuas bedak ke dalam bedak tabur, tepuk-tepuk bedak berlebihnya dan usapkan ke seluruh wajah.

Baca juga: 5 Cara Tepat Pakai Bedak Setelah Sunscreen, Tunggu Meresap 

4. Menggambar alis secara berlebihan

Menggambar alis memang bisa mengubah tampilan wajah menjadi lebih menarik. Namun, alis yang gelap dan tebal dapat membuat tampilan wajah kita terlihat terlalu dibuat-buat, bahkan teatrikal, sehingga memberikan kesan lebih tua.

Jadi, lakukanlah riasan alis dengan cara yang benar.

Untuk mengisi bagian yang kurang makeup artist JoAnn Solomon merekomendasikan formula yang lebih lembut dan mengaplikasikannya dengan sapuan ringan.

Spoolie atau tongkat maskara yang tidak terpakai sangat bagus untuk menghilangkan pigmen berlebih dan membaurkannya. Setelah mendapatkan efek yang diinginkan, aturlah dengan gel alis yang bening.

Baca juga: Cara Menggunakan Maskara pada Alis

5. Pakai kuas kotor

Seberapa sering membersihkan kuas adalah hal penting. Kuas yang kotor penuh dengan bakteri, sehingga dapat memicu jerawat dan flek hitam yang mengikutinya.

Kuas yang sudah tua, gatal, dan kotor tidak hanya akan berdampak negatif pada kulit, tetapi juga akan berdampak pada aplikasi riasan.

Kuas yang kotor tersebut bahkan dapat mengubah warna produk yang kita aplikasikan, membuatnya terlihat kusam dan tidak bersemangat, sehingga kita bisa tampak lebih tua.

Cobalah mencucinya minimal seminggu sekali. Pencucian bisa lebih sering tergantung pada jenis produk yang digunakan dan frekuensi pemakaian.

Baca juga: Praktis, Ini 3 Cara Membersihkan Kuas Makeup

@kompas.lifestyle Penampilan elegan dan old money Kim Jiwon di drama Queen of Tears banyak menarik perhatian nih guys, terlebih perhiasan yang dipakainya disetiap episode yang menjadi perhatian. Pada penasaran gak sih Kim Jiwon pakai perhiasan apa aja di drama Queen of Tears? Mimin spill di video yaa! Kreatif : Via Furgativa Gumilar Produser : Nabilla Tashandra #queenoftears #kimjiwon #stealthelook ? Love You With All My Heart - Crush

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com