Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/05/2024, 21:30 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Lidah buaya banyak digunakan karena khasiatnya dalam mengobati berbaga kondisi kulit.

Tanaman ini mengandung cairan bertekstur gel yang terdiri dari lebih dari 96 persen air, menurut MedicineNet.

Lidah buaya kaya akan antioksidan, Vitamin A, B, C, dan E, serta asam amino esensial yang menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Baca juga: 8 Manfaat Masker Lidah Buaya, Tak Cuma buat Kulit Kering

Di antara khasiat lidah buaya termasuk memepercepat penyembuhan luka ringan, mengobati jerawat meradang, menjaga kelembapan kulit, membantu penyembuhan luka ringan, dan meredakan sensasi terbakar akibat sengatan matahari.

Apakah aman maskeran lidah buaya setiap hari?

Selama tidak memilik alergi, lidah buaya dapat digunakan setiap hari untuk membantu melembapkan kulit dan meredakan iritasi ringan.

Sebagai catatan, meskipun dianggap aman untuk digunakan dalam bentuk topikal selama sesuai dengan petunjuk, penting untuk peka terhadap reaksi kulit yang merugikan dan berkonsulasi dengan dokter jika dibutuhkan.

Baca juga: Cara Membuat Masker Lidah Buaya agar Tidak Gatal

Selain itu, pertimbangkan kembali menggunakan masker lidah buaya jika memiliki luka bakar parah atau luka signifikan lainnya.

Sebab, beberapa penelitian menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengurangi kemampuan alami kulit untuk sembuh dari luka dalam yang berhubungan dengan operasi.

Beberapa orang mungkin mengalami gatal atau sedikit rasa terbakar ketika lidah buaya bekerja di kulit. Jika mengalami ruam atau gatal-gatal, kamu mungkin memiliki sensitivitas terhadap gel dan perlu segera berhenti menggunakannya.

Jangan gunakan gel lidah buaya pada kulit yang terinfeksi. Meskipun gel memiliki sifat mikroba, lapisan pelindungnya dapat mengganggu proses penyembuhan dan memperburuk infeksi.

 
 
 
Sieh dir diesen Beitrag auf Instagram an
 
 
 

Ein Beitrag geteilt von KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com