Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 07/05/2024, 10:10 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Lidah buaya atau Aloe vera adalah salah satu tanaman hias berdaun hijau cerah yang memiliki banyak manfaat. Selain terlihat indah, cairan kental dari batangnya yang tebal telah digunakan dalam pengobatan herbal selama berabad-abad. 

Kamu mungkin juga sudah pernah menggunakan lidah buaya untuk meredakan sengatan matahari di kulit atau untuk mengobati luka bakar baru. Tetapi apakah lidah buaya bisa dipakai di wajah sebagai bagian perawatan? 

Baca juga: Cara Pakai Lidah Buaya untuk Obat Gatal Alami

Bisakah kita menggunakan lidah buaya di wajah?

Dipuji karena kemampuannya untuk menenangkan dan menghidrasi kulit, lidah buaya adalah bahan perawatan kulit yang sangat baik untuk wajah. Faktanya, banyak produk perawatan kulit yang dibuat untuk wajah mengandung lidah buaya dalam formulanya.

“Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk melembabkan, meredakan peradangan, mengurangi jerawat, dan mempercepat penyembuhan,” kata Mona Foad, MD, MHS, FAAD, dokter kulit dan pendiri MONA Dermatology.

Seperti halnya saat mencoba produk apa pun, dia merekomendasikan untuk melakukan uji tempel guna memastikan kamu tidak memiliki reaksi alergi atau kepekaan terhadap tanaman tersebut. Hal ini sangat penting terutama jika kamu memiliki kulit sensitif atau reaktif.

“Oleskan sedikit gel lidah buaya ke area kecil kulit, seperti bagian dalam pergelangan tangan atau siku, dan tunggu 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi buruk sebelum mengoleskannya ke wajah,” katanya. “Jika kulitmu sensitif, mengoleskan lidah buaya bisa menyebabkan kemerahan, rasa terbakar, atau ruam.”

Baca juga: 8 Manfaat Masker Lidah Buaya, Tak Cuma buat Kulit Kering

Manfaat lidah buaya untuk kulit

Lidah buaya mempunyai segudang manfaat untuk kulit. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa masuk akal untuk memasukkan bahan alami ini ke dalam perawatan kecantikan.

  • Menenangkan ruam, iritasi, dan peradangan
  • Lidah buaya kaya antioksidan dengan vitamin A, C, dan E, yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas
  • Kualitas anti-inflamasi lidah buaya membantu meredakan luka bakar dan kemerahan dengan segera
  • Melembabkan tanpa terasa berminyak
  • Mengatasi jerawat berkat sifat anti-bakteri dan menenangkannya
  • Mendorong penyembuhan luka dan dapat membantu mempercepat proses pemulihan luka, luka bakar, dan cedera ringan lainnya
  • Dapat mengencangkan tampilan pori-pori dan membuat kulit terasa lebih halus berkat efek astringennya

Baca juga: Cara Membuat Masker Lidah Buaya agar Tidak Gatal

Ilustrasi lidah buaya untuk wajah.SHUTTERSTOCK/SOMMAI Ilustrasi lidah buaya untuk wajah.

Cara menggunakan lidah buaya di wajah 

Kita dapat menggunakan lidah buaya pada kulit dengan tiga cara berbeda: diaplikasikan langsung dari tanamannya, dicampur ke dalam formula buatan sendiri, atau sebagai bagian dari produk kecantikan yang telah diformulasikan sebelumnya.

Diterapkan secara langsung

“Memakai lidah buaya langsung dari tanamannya adalah cara yang paling efektif,” kata Erica Marie Gatt, ahli kecantikan dan pendiri EM Skin. Kamu dapat memotong sepotong kecil dari ujung tangkai, lalu memeras cairan langsung dari tanaman dan mengoleskannya sesuai kebutuhan.

Kamu juga bisa memerasnya, lalu menyimpannya dalam stoples di lemari es atau freezer untuk dijadikan losion yang menenangkan. Metode ini bisa dilakukan menggunakan lidah buaya yang murni dan alami tanpa bahan tambahan atau pengawet apa pun.

Dicampur dalam formula buatan sendiri

Kamu dapat menambahkan perasan gel lidah buaya ke dalam lulur buatan sendiri untuk menenangkan setelah melakukan eksfoliasi, atau menambahkan sedikit vitamin C untuk membuat serum antioksidan sendiri, atau mencampur satu sendok makan gel lidah buaya dengan satu sendok makan madu untuk masker wajah yang menenangkan dan menghilangkan jerawat. 

Produk kecantikan 

Banyak produk perawatan kulit yang mengandung lidah buaya sebagai bahan utamanya karena sifatnya yang menenangkan dan menghidrasi. 

Kalaupun tidak menjadi bahan utama, lidah buaya juga sering disertakan dalam campuran untuk memberi efek menenangkan, menghaluskan, menghidrasi, dan menutrisi.

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya dan Cara Menggunakannya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com