Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2014, 10:06 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com – Hari ini, Jumat (31/01/14), seluruh masyarakat tionghoa tengah merayakan Tahun Baru Cina atau Imlek. Bagi Anda yang sekarang sedang merayakan, pasti tengah merasakan sukacita bersama keluarga, menghadiri kebersamaan dan menikmati sajian hangat yang sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.  Salah satunya adalah  Yu Sheng, Nian Gao, Steam Bun atau makanan lainnya. 

Seperti kebanyakan perayaan tahun baru lainnya, pasti terhidang sejumlah masakan tradisional. Dalam tradisi Cina, semua masakan yang disajikan ini ternyata memiliki arti masing-masing dan juga bisa memengaruhi penghasilan di tahun yang akan datang. 

Namun, bagi Anda yang tak merayakan Imlek, Anda juga bisa kok membuat berbagai olahan masakan khas Imlek yang nikmat. Jika ingin citarasa Imlek lebih kental maka cobalah mengolah udang,lumpia atau mi. Dalam tradisi Cina, udang menggambarkan kebahagiaan dan sukacita. Sedangkan mi melambangkan umur panjang dan lumpia melambangkan kekayaan.  

Sesuai kepercayaan Cina, disarankan untuk menyajikan setiap makanan tersebut dalam jumlah yang sama banyaknya. Tujuannya agar Anda mendapatkan kemakmuran, kekayaan, kesehatan dan sukacita yang seimbang dalam hidup Anda.  

Berikut beberapa resep kreasi dari Steamy Kitchen yang bisa dicontoh:

Chinese Egg Rolls (Lumpia)

50 lembar kulit lumpia
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 1/4 cup air
minyak untuk menggoreng


Isian daging:
1/2 kg daging ayam cincang atau sapi cincang (masyarakat Cina biasanya menggunakan daging babi cincang).
1 sdm kecap asin
1 sdt tepung maizena
lada hitam bubuk


Isian sayur:
2-3 siung bawang putih, cincang
1/2 buah kubis, iris
3 buah wortel, potong-potong
1 sdt jahe parut
10 buah jamur shitake
1 sdm minyak 
1 sdm kecap asin
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt gara,
1 sdt minyak wijen
lada hitam secukupnya

Cara membuat:
1. Isian: campurkan semua bahan daging menjadi satu. Diamkan 10 menit agar bumbu meresap. Di wadah lain, campur semua isian sayur menjadi satu dan sisihkan. 

2. Panaskan wajan, tambahkan minyak. Kemudian masukkan daging ke dalamnya dan masak sampai berubah warna. Kecilkan api, dan sisihkan daging ke pinggir wajan. Masukkan bawang putih, kubis, wortel, jamur, dan jahe parut ke dalamnya. Tumis sampai harum dan empuk. Campur kedua isian daging dan sayur aduk rata. Tambahkan kecap asin, gula, minyak wijen dan lada hitam. Aduk rata dan dinginkan. Buang airnya. 

3. Ambil satu lembar kulit lumpia, kemudian letakkan satu sendok makan isian ke bagian pinggir kulit. Gulung. Kemudian tempel bagian ujungnya dengan lem maizena. Simpan dalam lemari es minimal empat jam. 

4. Goreng sampai lumpia ini berubah warna jadi kecoklatan. Sekarang, lumpia siap disajikan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com