Berhati-hatilah Dalam Memilih Filler Hidung! - Kompas.com

Berhati-hatilah Dalam Memilih Filler Hidung!

advertorial
Kompas.com - 31/12/2014, 09:53 WIB
-

Hidung adalah satu-satunya bagian wajah yang tampak menonjol. Oleh karena itu, hidung sangat mempengaruhi kesan pertama seseorang. Dalam dunia bedah kosmetik hidung juga merupakan salah satu bagian wajah yang paling banyak dioperasi. “Tidak hanya bentuk yang indah, hidung juga merupakan bagian wajah yang menentukan dinamika kesan pertama oleh karena itu semakin banyak kaum pria yang menjalani bedah plastik hidung atau yang dikenal sebagai bedah plastik rhinoplasty untuk memperbaiki bentuk hidung mereka”, ungkap salah satu dokter spesialis Klinik Bedah Plastik Wonjin Seoul Korea.

Namun operasi plastik hidung tidaklah semudah yang Anda bayangkan sebab semakin terlihatnya bagian tersebut oleh mata, sedikit saja terlihat aneh maka akan semakin sulit untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Pada kenyataannya banyak orang ingin tahu lebih banyak mengenai filler.

Jadi yang disebut filler adalah salah satu bahan tambahan yang mengandung komponen yang mirip dengan komponen dalam tubuh manusia. Filler biasanya dimasukkan ke bagian tubuh yang ingin ditambah volumenya. Tidak perlu menggunakan pisau (mesh) dan setelah operasi seseorang bisa langsung kembali beraktivitas dengan normal.

Jika pasien kurang puas dengan hasil operasi, maka proses pengambilan juga relatif mudah. Filler juga sering digunakan untuk mengatasi lipatan di sekitar mulut atau keriput pada dahi. Bila dimasukkan pada bagian hidung, filler banyak digunakan untuk memancungkan hidung. 

Selain filler, botulinum toxin (botox adalah salah satu merknya) juga merupakan salah satu metode non-operasi yang cukup populer. Dalam dunia bedah kosmetik dan estetika, botox dan filler digunakan untuk meningkatkan penampilan fisik tanpa bedah. Lalu sebenarnya apakah perbedaan botox dan filler? Pada dasarnya botox bekerja untuk merelaksasi otot sehingga wajah bisa lebih kencang dan keriput menjadi samar atau hilang. Sedangkan filler digunakan untuk mengisi bagian kosong pada wajah, membuatnya kembali terisi dan terlihat penuh, mengembalikan kekenyalan kulit, mengecilkan pori-pori, dsb.

Disamping durasi yang singkat dan prosedur yang sederhana, filler juga tetap mempunyai kelemahan. Seperti yang telah disebutkan di atas, filler mengandung komponen yang mirip dengan komponen tubuh namun seiring dengan berjalannya waktu, kira-kira 6 bulan, filler akan diserap oleh tubuh.

‘Kebutuhan adalah sumber penemuan’ barangkali Anda pernah mendengar ungkapan tersebut. Kini telah hadir produk filler terbaru yang disebut Artecol. Artecol adalah zat kolagen yang memiliki efek semi permanen, tidak seperti filler yang berlangsung untuk jangka waktu pendek. Kolagen ini terdiri dari PMMA (biasanya digunakan untuk mengobati osteomyelitis dan adhesi tulang), tulang, tulang rawan, dan kulit.

Artecol mengandung kolagen sebanyak 80% , PMMA sebanyak 20%,  lidokain sebanyak 0.3%. Artecol pertama kali dikembangkan di Jerman pada tahun 1902 dan pada awalnya digunakan untuk gigi palsu hingga saat ini digunakan untuk mengobati osteomyelitis, pengikat tulang, dll. PMMA terdiri dari butiran kecil yang seragam yang tidak diserap oleh tubuh dan PMMA memproduksi kolagen untuk mengisi bagian kosong pada jaringan.

Namun artecol juga ada kelemahannya. Tidak seperti produk-produk filler lain yang dapat disuntikkan pada lapisan epidermis, artecol harus disuntikkan ke bagian atas lapisan lemak. Merupakan produk yang semi permanen sehingga sulit untuk dikeluarkan kembali. Prosedur yang menggunakan artecol sebaiknya dilakukan oleh ahli spesialis bedah plastik yang berpengalaman. Sebagai info, hanya ada 5 klinik bedah plastik di Korea yang melayani suntikan artecol, salah satunya adalah Klinik Bedah Plastik Wonjin Seoul Korea.

Seperti yang telah disebutkan di atas, sedikit saja hidung terlihat aneh, maka akan sangat terlihat oleh mata. Meskipun prosedur ini telah menjadi sesuatu yang umum, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih filler. Apabila Anda ingin menggunakan artecol, maka Anda perlu mencari tahu rumah sakit yang bersertifikat dengan dokter ahli spesialis yang berpengalaman.

Untuk informasi lebih lanjut klik: www.wonjinbeauty.com. (adv)

Penulisadvertorial
Editoradvertorial
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM